LensaNews.id- Taman Kanak-kanak Al-Qur’an dan Taman Pendidikan Al-Qur’an Raudlatul Ma’arif Perumahan Bumi Marhamah, jelang libur sekolah mengadakan manasik Haji di Pusat pelatihan manasik haji dan umroh KBIHU Al Khoiriyah kalibunder, karangtengah Cianjur.  Minggu 26/6/2022.

Rangkaian kegiatan simulasi ibadah haji ini dimulai dari depan masjid menuju  tempat lempar jumrah (ula,wustha, aqabah), dilanjut ke maket Ka’bah untuk melakukan tawaf mengelilingi ka’bah sebanyak 7 putaran dan juga simulasi  sa’I di  bukit shoffa dan marwah, rangkaian kegiatan simulasi ibadah haji ini ditutup dengan tahalul yang ditandai dengan mencukur rambut sebagai tanda diperbolehkan nya kembali dari larangan ihram.

Menurut Kepala Sekolah TKQ dan TPQ Raudlatul Ma’arif Ibu Riska dan Ibu Lilih “Kegiatan simulasi manasik haji ini adalah merupakan program rutin yang akan dilaksanakan setiap tahunnya, karena praktek ibadah semacam manasik haji ini, sejalan dengan upaya untuk meningkatkan kreatifitas jiwa keagamaan pada anak, sehingga dapat membekas dan menjadi bekal untuk kehidupan keagamaan anak di masa yang akan datang, dan Insya Allah mereka akan memiliki pengalaman beragama dalam memorinya dan tidak akan hilang sampai dewasa”, ucapnya.  

Lebih jauh menurut Pembina TKQ dan TPQ Raudlatul Ma’arif Ibu Lia bahwa penyelenggaraan simulasi atau praktik manasik haji bagi TKQ dan TPQ Raudlatul Ma’arif adalah untuk memperkenalkan rukun Islam yang ke-5 kepada mereka peserta didik, dan juga kegiatan ini bertujuan sebagai ajang silaturahim orang tua murid TKQ dan TPQ Raudlatul Ma’arif. pungkasnya

Dalam keterangannya Salah seorang diantara orang tua peserta didik, merasa senang sekali dengan kegiatan manasik haji seperti ini. anak-anak diperkenalkan dengan rangkaian ibadah haji yang tentunya pengetahuan anak akan bertambah, semoga setelah ini anak-anak  lebih semangat lagi dalam mempelajari Ilmu Agama Islam.

Selain memberikan doorprize untuk peserta didik, dalam kegiatan ini juga disampaikan hasil evaluasi pembelajaran anak-anak selama belajar di TKQ dan TPQ Raudlatul Ma’arif. (03 LMN)

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.