Tips Berhenti Merokok: Jika Alkohol dan Kafein Membuat Ada Ingin Merokok

Ilustrasi Saat Berkumpul

Lensanews - Perokok yang sedang berusaha berhenti umumnya akan mengidam nikotin, ada beberapa cara untuk meminimalisir keinginan untuk merokok, namun tidaklah realistis untuk berpikir bahwa kita dapat langsung menghilangkan semuanya, tentu saja kita dapat mengendalikannya.

Perasaan ingin merokok akan berkurang setelah beberapa minggu, bukan berarti tidak akan mengalami kesulitan, kadang akan merasa seperti keinginan untuk kembali merokok tidak kunjung hilang, tenang saja ... karena keinginan tersebut akan berkurang seiringnya waktu.

Pada banyak situasi, pikiran dan perasaan dapat menyebabkan keinginan kembali merokok muncul, situasi dan keadaan bervariasi dari masing-masing perokok.

Pemicu merokok utama: alkohol

Pesta, nongkrong dengan teman-teman, dan situasi lain yang melibatkan alkohol dapat memicu keinginan untuk merokok, dan berpotensi menyulitkan perokok untuk berhenti.

Hal ini bisa sulit dikendalikan karena alkohol dapat mengurangi kontrol diri dan menyebabkan kita sulit untuk membuat keputusan yang baik, minuman beralkohol pada acara seperti pesta dapat berisiko bagi perokok yang ingin berhenti.

Namun kita dapat berhenti merokok walaupun situasi tersebut terlihat tidak mungkin diatasi.

Kopi dan kafein

Kafein sering dikaitkan dengan rokok, banyak perokok mengaku mereka merokok sembari menikmati secangkir teh atau kopi, hal ini dapat menjadi pemicu keinginan terhadap nikotin.

Bukan hanya kafein itu sendiri yang dapat memicu keinginan merokok, minum-minuman berkafein dikombinasikan dengan situasi seperti berkumpul dengan teman, atau minum teh dan juga kopi di pagi hari sembari merokok, dapat memicu keinginan untuk merokok.

Banyak sekali contoh penyebab keinginan untuk merokok, dan mengetahui penyebab apa yang meningkatkan keinginan untuk merokok dapat membantu.

Ingatlah bahwa Kita dapat tetap menikmati secangkir teh atau kopi tanpa merokok.

Berikut adalah beberapa metode yang membantu dan efektif dalam menghindari pemicu keinginan merokok.

·         Hindari atau kurangi alkohol. Hal ini adalah cara yang paling sederhana untuk menghindari keinginan merokok, jika memungkinkan, hindari situasi yang menyangkut alkohol untuk sementara, kita dapat menggantinya dengan minuman tanpa alkohol, jika merasa kesulitan untuk langsung berhenti minum alkohol, dapat memilih minum alkohol satu gelas saja, dan pilih minuman lain untuk gelas kedua.
·         Mintalah dukungan. Jika harus menghadiri acara yang melibatkan alkohol, mintalah teman untuk mendukung dalam usaha untuk berhenti merokok selama acara tersebut.
·         Carilah teman non-perokok. Di bar atau klub, bergabunglah bersama teman yang tidak merokok daripada pergi keluar ruangan untuk merokok.
·         Mintalah bantuan dari teman perokok. Jika mengenal teman perokok yang akan menghadiri acara tertentu, mintalah bantuan mereka untuk tidak menawarkan rokok, walau jika kita memintanya.
·         Hindari atau kurangi kafein. Jika memungkinkan, menghindari kopi atau teh untuk sementara dapat membantu, jika sedang berusaha berhenti merokok, direkomendasikan untuk mengurangi asupan kafein sampai setengahnya.
·         Hindari kebiasaan coffee break. Jika rutinitas merokok untuk bersosialisasi dengan teman perokok saat coffee atau tea break, hindari orang itu untuk sementara, atau bersantailah di area bebas rokok lainnya.
·         Minum minuman lain. Ganti minuman berkafein dengan minuman tanpa kafein seperti cokelat hangat.
·         Buatlah area tanpa tembakau. Pastikan tidak ada tembakau di rumah, dan jika tinggal dengan perokok, beri tahu mereka untuk tidak merokok di depan kita, dan untuk tidak memberi kita rokok.
·         Miliki keinginan yang kuat. Jangan anggap remeh niat dan motivasi diri, karena jika keinginan kita lemah, strategi apapun tak akan membantu.
·         Gunakan Nicotine Replacement Therapy (NRT). Ingat bahwa minum alkohol bersamaan dengan terapi dapat mengurangi tingkat penyerapan dan efektivitas terapi; alasan yang tepat untuk menghindari minuman beralkohol.
Ingatlah: Keinginan merokok akan hilang jika Anda memberi kesempatan.

(HS)

Sumber : hellosehat.com