Perkemahan Pramuka Sangga Bakti SMK Tahun 2019 Se-Wilayah Rengasdengklok

Sanggar Bakti SMK Se-Rengasdengklok

Lensanews (Karawang) – Guna mengurangi hal-hal yang bersifat negatif di kalangan antar pelajar serta meningkatkan ajang silahturahmi dengan cara kerjanyata dan terpadu, Kepala Sekolah se-wilayah Rengasdengklokmelakukan kegiatan kepramukaan secara menyeluruh kepada SMK, khususnya yang berada di wilayah Rengasdengklok

Para Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka (Mabigus) SMK yang notabene adalah Kepala SMK yang di komandoi oleh Drs. H. Wawan Cakra, M. Pd. (Kepala SMKN 1 Rengasdengklok) mengumpulkan para Pembina Pramuka SMK se wilayah Rengasdengklok menetapkan kepanitiaan kegiatan pramuka yang berbentuk perkemahan dengan durasi waktu 3 (tiga) hari 2 (dua) malam.

Penancapan Logo Kegiatan Tanda di Mulainya Perkemahan
Adapun nama kegiatan tersebut adalah Perkemahan Pramuka Sangga Bakti SMK Tahun 2019, dan sebagai Ketua Pelaksana nya adalah Muslih Hidayat, M. Pd. salah seorang Pembina pramuka dari SMK Negeri  Jayakerta.


Perkemahan Pramuka sangga Bakti SMK Tahun 2019 dilaksanakan pada tanggal 6-8 September 2019 bertempat di area Musium Percandian Candi Jiwa Batujaya Kabupaten Karawang dengan peserta seluruh penegak SMK se wilayah Rengasdengklok yang berjumlah 28 pangkalan SMK terdiri dari :


1.    SMKN 1 Rengasdengklok
2.    SMKN Batujaya
3.    SMKN Pakisjaya
4.    SMKN 1 Tirtajaya
5.    SMKN Jayakerta
6.    SMK Al Barkah
7.    SMK Mitra Karya
8.    SMK Lentera Bangsa
9.    SMK PGRI 3 Karawang
10.  SMK Al Huriyah
11.  SMK Ristek
12.  SMK Perbankan Indonesia
13.  SMK Al Inayah
14.  SMK TK 76
15.  SMK Itenas
16.  SMK Yaspif
17.  SMK Yapinas
18.  SMK Bitec Almashuriyah
19.  SMK Nurul Ansor
20.  SMK Mandala Enterpreneur
21.  SMK Kalimasyada
22.  SMK Rismatek
23.  SMK Mitrajaya
24.  SMK Minhajul Falah
25.  SMK Saintek
26.  SMK Al Ikhlas
27.  SMK Matlaul Anwar Segaran
28.  SMK Matlaul Anwar Pakisjaya, dengan masing-masing pangkalan (sekolah) 8 (delapan) putra, 8 (delapan) putri, maka jumlah keseluruhan 448 peserta didik.


Foto Bersama Para Peserta Perkemahan
Dalam pelaksanaannya kegiatan perkemahan tersebut meliputi kegiatan Bakti Sosial (Baksos), Pembinaan Wawasan dan Pengetahuan, Seni Budaya serta Karang Pamitran bagi para pembina pendamping.

Bakti sosial dilaksanakan dengan kerja bakti di lingkungan masyarakat sekitar melalui kegiatan nyata yaitu bersih-bersih lingkungan, saluran air, tempat ibadah, serta pemberian sumbangan alat kebersihan kepada sebagian masyarakt setempat.

Hal ini sebagai upaya melatih peserta didik tentang arti peduli lingkungan, baik lingkungan masyarakat wilayah perkemahan maupun lingkungan alam sekitar, hal ini sesuai dengan Dasa Darma Pramuka ke-2 Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia.

Camat Batujaya di Dampingi Ketua Pelaksana Dan Koordinator SMK se-Rengasdengklok
Sedangkan kegiatan Pembinaan Wawasan dan Pengetahuan adalah kegiatan pemberian materi bagi seluruh peserta agar senantiasa bermanfaat bagi kehidupannya, diantaranya dari Dewan Kerja Cabang (DKC) Kwartir Cabang Karawang, Polsek Batujaya, Koramil Batujaya, serta dari Badan Narkotika Nasional (BNN).

Seni Budaya adalah kegiatan ajang kreativitas seluruh peserta perkemahan, yang mana mereka tiap pangkalan menampilkan berbagai aksinya untuk menjadi yang terbaik dalam melestarikan budaya Indonesia.

Terakhir adalah kegiatan Karang Pamitran yang diperuntukkan bagi seluruh pembina pramuka yang mendampingi peserta didik dengan dibekali ilmu kepembinaan oleh para Pelatih dari Pusdiklatcab Kwartir Cabang Karawang.


Para peserta Mendapat Pembinaan Dari Kepolisian
Perkemahan Pramuka Sangga Bakti 2019 ini dibuka oleh Camat Batujaya H.Rohmana Setiansyah, S.Sos, MM, mewakili Bupati Karawang Dr. Cellica Nurrachadiana yang tidak sempat hadir, di karenakan ada kegiatan lain yang tidak bisa ditinggalkan, sebelum membacakan amanat dari Bupati Karawang, Camat Batujaya menyatakan sangat bangga dan tersanjung dengan diselenggarakannya perkemahan ini karena telah dipercaya sebagai tuan rumah Perkemahan Pramuka tingkat Penegak SMK.


Sedangkan Bupati Karawang dalam sambutannya yang dibacakan Camat Batujaya menyatakan “Selamat kepada seluruh peserta, panitia dan jajarannya atas terselenggaranya Perkemahan Pramuka Sangga Bakti SMK Tahun 2019”.

Camat Batujaya Sebagai Pembina Upacara
Ketua Pelaksana Muslih Hidayat, M. Pd. menyatakan dalam laporan panitia bahwa, Perkemahan ini terbentuk sebagai jawaban atas tuntutan kebutuhan bagi seluruh peserta didik yang berada di wilayah Rengasdengklok khususnya, umumnya seluruh peserta didik SMK se Kabupaten Karawang untuk membuktikan bahwa pamuka SMK bernilai guna dan berkarakter, berguna bagi dirinya dan lingkungannya serta memiliki karakter yang menjadi teladan bagi kehidupan yang lain.

 Sementara itu, koordinator SMK Wilayah Rengasdengklok Drs. H. Wawan Cakra, M. Pd pada saat acara penutupan menyatakan, bahwa pelaksanaan perkemahan ini memerlukan pemikiran yang sangat matang, agar tujuan dari kegiatan ini tercapai, dan hingga saat ini berlajan dengan baik tanpa ada halangan yang signifikan.

Pentas Seni Dari Peseta Perkemahan
“Di perlukan perjuangan yang sangat berat, terutama menyamakan persepsi dari tiap Kepala Mabigus agar terselenggaranya kegiatan ini berjalan dengan lancar, dan Alhamdulillah berkat kekompakan dari semuanya untuk pertama kali Perkemahan Pramuka Tingkat SMK dapat terselenggara dengan baik,” Ujarnya.

Dirinya juga berharap dengan adanya kegiatan ini, semoga kedepannya tidak ada lagi gesekan yang berakibat merugikan antar pelajar, dan bisa membawa serta manjaga nama baik sekolahnya masing-masing.

Penyematan Tanda Peserta Dari Camat Batujaya
“Harapan ke depan dari para Kepala Mabigus jangan sampai muncul lagi hal-hal yang bersifat negatif muncul dari SMK, melalui kegiatan ini mudah-mudahan bisa menyebar pada teman-teman lainnya di pangkalan masing-masing, supaya tidak ada gesekan dan tawuran antar pelajar justru jalin persatuan, ciptakan kreativitas sehingga menjadi karya yang nyata dengan penuh semangat serta riang gembira,” Terangnya..


Tidak lupa Wawan Cakra menyatakan ucapan terima kasih kepada pemerintah desa setempat yaitu Desa Segaran Batujaya beserta jajarannya termasuk seluruh masyarakat yang telah ikut mensukseskan kegiatan perkemahan.

(Din)