8 Metode Bantuan untuk Berhenti Merokok

Ilustrasi Rokok

Lensanews - Jika kita merasa sulit berhenti merokok hanya dengan niat saja, mungkin beberapa metode di bawah ini dapat membantu, meskipun beberapa di antara juga terbukti tidak terlalu efektif. Namun, tidak ada salahnya mencoba.

1. Hipnotis
Metode hipnotis sangat bervariasi sehingga sulit untuk dipelajari sebagai metode untuk berhenti merokok, belum ada penelitian yang mendukung keberhasilan metode ini, namun, cukup banyak orang mengaku bahwa hipnotis membantu mereka berhenti, jika ingin mencoba, tanyakan pada dokter untuk merekomendasikan terapis hipnoterapi yang berlisensi.

2. Akupuntur
Metode ini telah lama digunakan untuk menghentikan kebiasaan merokok, dan dalam dunia akupuntur sendiri memang dikenal ada beberapa titik khusus yang bisa ditargetkan untuk menghilangkan keinginan merokok, akupuntur untuk menghentikan kebiasaan merokok biasanya dilakukan pada bagian telinga tertentu.

3. Terapi magnet
Terapi magnet untuk menghentikan kebiasaan merokok meliputi 2 magnet kecil yang ditempatkan pada lokasi tertentu, berseberangan pada masing-masing telinga, belum ditemukan bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa terapi magnet adalah metode yang efektif dalam membantu perokok berhenti, banyak perusahaan online yang menjual magnet ini dan menyebutkan angka sukses, namun tidak ditemukan data klinis yang mempertanggungjawabkan data tersebut.

4. Terapi laser level rendah
Terapi cold laser ini terkait dengan akupunktur, pada metode ini, cold laser digunakan sebagai pengganti jarum untuk akupunktur, perawatan ditujukan untuk menenangkan perokok dan melepas endorfin, menirukan efek nikotin pada otak dan menyeimbangkan tenaga tubuh untuk melepaskan ketergantungan, meski belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan metode ini membantu menghentikan kebiasaan merokok, banyak klinik terapi laser mengklaim bahwa metode ini efektif.

5. Filter
Filter yang mengurangi tar dan nikotin pada rokok sering kali tidak membantu, faktanya, studi membuktikan bahwa perokok yang menggunakan filter cenderung merokok lebih banyak.

6. Obat-obatan pencegah merokok
Metode lain telah digunakan untuk membantu menghentikan kebiasaan merokok, seperti produk yang mengubah rasa tembakau, diet yang membatasi keinginan akan nikotin, dan kombinasi vitamin, pada saat ini, sedikit ditemukan bukti ilmiah yang membuktikan hal-hal tersebut ampuh.

7. Suplemen herbal
Hanya ada sedikit bukti ilmiah yang mendukung penggunaan suplemen herbal sebagai metode berhenti merokok, karena ditujukan sebagai tambahan makanan (bukan obat), suplemen tidak diatur secara ketat, hal ini berarti perusahaan tidak perlu membuktikan keampuhan atau keamanan obat ini.

Pastikan memeriksa label yang menyatakan bahwa produk dapat membantu menghentikan kebiasaan merokok.

8. Latihan pikiran dan tubuh
Beberapa penelitian telah mempelajari program seperti yoga dan meditasi untuk membantu penghentian kebiasaan merokok, hasil tidak seluruhnya mendukung metode ini, namun beberapa respondek mengaku berhasil menurunkan keinginan merokok, metode proses kognitif juga sedang dipelajari.

Para ahli mempelajari 15 studi tentang olahraga dan menemukan bahwa olahraga ringan hingga menengah membantu mengurangi keinginan merokok, satu penelitian menunjukkan bahwa orang yang secara aktif mengikuti program latihan rutin lebih mudah untuk berhenti merokok, namun masih diperlukan riset yang lebih luas untuk meneliti tentang hal ini.

(Red)

Sumber : hellosehat.com