Polisi Amankan 2 Pelaku Curanmor dan 1 Penadah

Tiga Pelaku Curanmor di Tangkap Polisi

Lensanews (Jakarta) – Dengan modus menyamar sebagai ojek online dan penumpang, tiga pelaku komplotan curanmor asal Indramayu yag kerap beraksi di beberapa wilayah, berhasil di tangkap petugas Satuan Unit Reskrim Polres Jakarta Timur

 Kasat Reskrim Polres Jakarta Timur AKBP Heri Purnomo mengatakan, ketiga pelaku yang diamankan pihaknya bernama Tarohim, Sutarsa, dan Pingi, pada Rabu (31/7/2019) sekitar pukul 03.00 WIB.

“Komplotan ini sudah lama kami intai atas aksi pencurian yang dilakukan selama ini,” Katanya, Jumat (02/08/2019).

Dalam setiap aksinya, kata AKBP Heri, ketiga pelaku memiliki peran yang berbeda untuk menjarah motor yang di intainya. Dimana Tarohim dan Sutarsa berperan sebagai eksekutor pencurian sepeda motor dengan pura-pura menjadi ojek online mengenakan jaket dan helm.

“Sambil berputar itu biasanya mereka membaca situasi dahulu,” Sambungnya.

Sebelum beraksi, mereka mencari sasaran di tempat sepi, dengan posisi kendaraan yang diparkir pemiliknya di depan rumah atau di dalam pagar. Ketika sudah mendapat sasaran sepeda motor yang akan dicuri, Tarohim langsung menghampiri motor dan membobol kontak kunci sepeda motor dengan kunci T.

“Tugas Sutarsa menunggu di sepeda motor yang mereka kendarai,” Tambahnya.

Agar motor hasil curiannya tak dikenali warga, pelaku mengganti dengan plat nomor polisi (Nopol) hasil curian dengan plat kendaraan yang mereka bawa, barang itu sudah disiapkan di motor sebagai modal untuk mengelabui.

“Sehingga ketika tertangkap aksinya oleh CCTV dan warga, akan sulit terdeteksi oleh kepolisian,” Jelasnya.

Selain menangkap kedua pelaku, pihaknya juga menangkap pelaku yang bertugas sebagai penadah bernama Pingi, yang merupakan komplotan sindikat tersebut. Pria itu bertindak sebagai penadah di sekitar kuburan Sunan Giri, Pulogadung, Jakarta Timur.

“Dari ditangkapnya sindikat ini, kami mengamankan satu unit sepeda motor warna merah, delapan kunci letter T, dan dua kunci sepeda motor,” Pungkasnya.

(Din)


Sumber : poldametrojaya