Gusi Bengkak Bikin Susah Makan? Yuk Atasi Dengan Cara Mudah Ini

Ilustrasi 

Lensanews - Gusi bengkak bisa disebabkan oleh berbagai macam kondisi, yang paling umum adalah gingivitis, atau bisa juga infeksi akibat jamur atau virus.

Gusi yang bengkak ini perlu ditangani sesegera mungkin, kalau tidak, ini bisa mengganggu saat makan, menyebarkan infeksi ke gigi, dan bahkan pembengkakan bisa semakin membesar, maka itu jangan sepelekan gusi yang membengkak, begini cara mudah mengatasi gusi yang bengkak.

Atasi gusi bengkak dengan periksa ke dokter

Secara medis, dokter pertama-tama akan memeriksa gejala dan mencari penyebabnya terlebih dahulu, jika perlu diminta untuk melakukan rontgen rongga mulut, tes darah juga perlu dilakukan untuk mengetahui apakah infeksi terjadi atau tidak.

Pengobatan yang akan diberikan tergantung penyebab gusi bengkak itu sendiri. Jika mengalami gingivitis, kita akan diberikan obat kumur supaya mengurangi plak pada gigi.

Jika memang terjadi infeksi, antibiotik akan diberikan dalam jangka waktu tertentu, sementara untuk mengatasi rasa sakit, akan diberikan obat anti nyeri seperti paracetamol dan ibuprofen.

Jika kasus gusi bengkak sangat parah, misalnya penyebabnya adalah gingivitis yang kronis, bisa jadi pembedahan adalah solusinya.

Perawatan alternatif di rumah agar cepat sembuh

Selain menggunakan obat-obatan, ada beberapa perawatan di rumah yang bisa di lakukan agar gusi yang bengkak bisa cepat sembuh. Cara alternatif ini antara lain:

·         Jangan menyikat atau melakukan flossing dengan kasar atau gerakan yang cepat. Gerakan harus lembut sehingga bisa menenangkan jaringan gusi bengkak.
·         Berkumur dengan larutan air asin untuk membersihkan mulut dari bakteri
·         Minum air lebih banyak. Air akan merangsang produksi air liur yang bisa membantu melemahkan bakteri penyebab penyakit di rongga mulut.
·         Hindari iritan, yakni larutan yang mudah mengiritasi seperti obat kumur yang memiliki efek sangat kuat, minuman alkohol, dan tembakau.
·         Kompres dingin pipi untuk mengurangi pembengkakan


(HS)


Sumber : hellosehat.com