DLHK : Hasil Sampel Dari Bibir Pantai Utara Karawang di Nyatakan Memenuhi Baku Mutu Ambien

Permadi Utama, ST (PPLH Muda DLHK Karawang)

Lensanews (Karawang) - Setelah dilakukan pengujian dan analisa dari 3 point dalam pengambilan sampel di pantai utara Karawang terkait pencemaran lingkungan yang di akibatkan oleh minyak mentah oleh pertamina di dampingi Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Karawang, PPLH DLHK Karawang menyatakan bahwa hasil untuk pengujian udara masih memenuhi baku mutu ambien.

“Kalau hasil udara sampai saat ini pengukuran udara ambien itu masih, kalau kita lihat masih memenuhi baku mutu” Kata staf PPLH Muda Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Karawang, Permadi Utama, ST kepada Lensanews, diruang kerjanya, Rabu (22/08/2019).

Untuk pengujian sampel udara, air laut dan pasir atau tanah yang diambil dari sejumlah titik di wilayah pesisir utara pantai karawang, dilakukan oleh pertamina dan di bawa ke laboratorium yang telah terakreditasi, di Bogor, dan juga hasil uji labnya ada di pertamina.

“Spill (ada tumpahan) itu dilakukan oleh laboratorium yang sudah terakreditasi yaitu di perintahkan Lingkungan Hidup untuk melakukan pengujiannya itu, kalau gak salah PT nya itu laboratoriumnya  di bogor, PT EOS,  jadi pertamina yang melakukan itu, jadi hasilnya, ada di pertamina, hasil uji labnya” Tambahnya.

Dirinya mengakui, bahwa Laboratorium yang ada di DLHK Karawang belum terakreditasi untuk menguji limbah yang mengandung unsur B3.

“Jadi kebetulan laborotorium kita belum terakreditasi untukmenguji limbah B3, jadi mengenai limbah B3” Imbuhnya.

Namun untuk hasil uji lab air laut dan pasir, pihaknya belum mendapatkan tembusan dari pertamina, dan saat ini hanya hasil uji udara yang di nyatakan masih memenuhi baku mutu.

“Hasil lab ke kita baru udara saja, kalau udara sampai saat ini masih memenuhi baku mutu, tapi untuk yang pasir maupun itu (air laut) kita belum dapatkan” Tuturnya.

(Din)