Dari 602 Warga Binaan Lapas Karawang Yang Mendapatkan Remisi, 14 di Antaranya Langsung Bebas

Iskandar Irianto Basuki (Kalapas Karawang)

Lensanews (Karawang) – Dalam merayakan HUT RI ke 74, Lapas Karawang memberikan remisi kepada 602 warga binaanya, termasuk 14 orang yang hari itu juga langsung mendapatkan remisi bebas.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan kelas II A Karawang Iskandar Irianto Basuki mengatakan, remisi di berikan kepada warga binaannya tidak terlepas pada prilaku mereka selama berada di dalam tahanan.

“Tapi pemberian remisi ini ending dari seluruh kegiatan yang ada di lapas,” Ujarnya kepada Media, Sabtu ( 17/08/2019).

Warga binaan yang sekarang mendapat remisi berjumlah 602 orang, termasuk 14 orang yang hari ini mendapatkan remisi bebas.

Bupati Karawang dan Kapolres Karawang Hadir Dalam Perayaan HUT RI di Lapas Karawang
“Yang mendapatkan remisi 602, yang bebas langsung pada hari ini 14 orang,” Tambahnya.

Bagi yang mendapatkan remisi bebas, agar tidak mengulangi perbuatannya sehingga tidak lagi membawanya ke ranah hukum, dan semoga mendapatkan kembali jati dirinya di tengah masyarakat.

“Dengan harapan yang mendapatkan remisi bebas, bisa kembali ke tengah masyarakat, jadi orang-orang yang produktif di tengah masyarakat dan tidak lagi melakukan pengulangan kejahatan,” Tambahnya

Semoga dengan adanya remisi ini menjadi motivasi kepada mereka yang belum mendapatkannya, dan di minta untuk bersabar, karena itu adalah hak mereka jika memenuhi syarat.

Kalapas Karawang Saat Pimpin Apel Upacara Perayaan HUT RI ke 74
“Yang belum mendapatkan tetap harus sabar dan hak itu akan kita berikan kepada mereka apabila memang syarat substansi dan formalnya terpenuhi,” Terangnya.

Dari 602 yang mendapatkan remisi dari berbagai jenis kejahatan, seperti kejahatan yang memang benar-benar murni mereka lakukan, dan ada juga yang terbelit dengan kasus narkoba.

“Pidananya ada yang kasus kriminal murni, ada juga yang narkoba tapi bukan kelas bandar, mereka hanya korban saja,” Jelasnya.

Selain itu, ada sejumlah warga binaan yang berasal dari luar negeri, mereka pun sama mendapatkan remisi, antara 1 hingga 6 bulan.

“Ada WNA yang ada di lapas ini dan mereka juga mendapatkan antara 1 sampai 6 bulan, semuanya, ada dari Nigeria dan ada dari Taiwan,” Pungkasnya.

(Din)