Gunakan Lembaga Kepolisian, Masyarakat Diharap Berhati-hati Terhadap Penipuan Undian Shopee Indonesia di Medsos

Penipuan Undian yang Gunakan Logo Lembaga Kepolisian 

Lensanews (Jakarta) - Kabar berita bohong (hoax) masih saja bermunculan di media sosial dan pesan WhatsApp. Yang terbaru yaitu penyebaran hadiah uang jutaan rupiah serta kendaraan dari brand ternama Shopee.

“Galeri Pemenang Undian Shopee Indonesia” yang sampai ke masyarakat. Bunyi pesan tersebut adalah “Disampaikan Kepada Saudara(i) yang beruntung mendapatkan Pesan Atau Informasi Undian SHOPEE INDONESIA disertai CODE PIN PEMENANG, dan mencantumkan alamat Situs Resmi SHOPEE INDONESIA yang tertera yaitu: “https://galeri-pemenang-2019.blogspot.com/?m=1”.

“Berarti SAH selaku pemenang hadiah langsung dari SHOPEE INDONESIA. SELAMAT… Kepada Pemenang Undian GEBYAR SHOPEE INDONESIA, Silahkan Anda Cocokkan KODE PIN PEMENANG Yang Anda Terimah melalui VIA SMS atau Pesan Singkat Dari SHOPEE INDONESIA Dengan Hadiah Yang Terterah Di Bawah ini”.

Yang mengejutkan lagi, dalam pesan tersebut disertakan foto Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono sebagai penanggung jawab dan juga bendahara Samsat serta beberapa orang sebagai Direktur.

Penipuan Undian yang Cantumkan Pemenang
Menanggapi hal tersebut, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono menyatakan bahwa hal itu merupakan hoax. “Siapapun yang mendapatkan informasi terkait hadiah puluhan dan ratusan juta rupiah, apalagi terdapat foto saya di dalamnya, itu adalah hoax alias kebohongan dan mengarah ke unsur penipuan. Tidak benar informasi tersebut,” tegas Kabid Humas meluruskan pesan berantai Shopee dengan hadiah belasan juta rupiah tersebut, Senin (15/7/2019).

Kabid Humas pun menyayangkan pihak-pihak yang masih menyebarkan kebohongan kepada masyarakat. Terlebih lagi berani mencantumkan identitas seseorang tanpa izin, termasuk dirinya.

“Jika ada yang sudah kena tertipu ataupun sudah bayar dalam jumlah kecil atau pun besar, silahkan lapor ke Polda Metro Jaya. Kami akan proses penyebaran hoax seperti ini untuk melindungi masyarakat,” ujar Kabid Humas.

Kabid Humas menghimbau agar masyarakat selalu mengkonfirmasi segala informasi yang bersifat hadiah atau iming-iming lainnya untuk segera melaporkan ke pihak berwajib. Secepatnya, pihak kepolisian akan meluruskan informasi tersebut.


(Din)


Sumber : poldametrojaya