5 Cara Mengobati Nyeri Rahang Akibat Retrognathia

Ilustrasi Sakit Gigi

Lensanews - Hampir setiap orang mungkin pernah mengalami nyeri rahang. Namun, tidak semua penyebabnya adalah retrognathia. Retrognathia adalah kelainan struktur tulang rahang bawah yang terlalu mundur ke belakang sehingga tampilan wajah jadi tidak simetris. Selain itu, kondisi ini juga menyebabkan seseorang mengalami gangguan tidur, gangguan napas, nyeri rahang parah, kejang otot wajah, hingga kesulitan menggigit dan mengunyah makanan. Untungnya, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengobati rahang sakit akibat retrognathia.

Penasaran apa saja?

Cara mengobati rahang sakit akibat retrognathia

Cara mengobati sakit rahang akibat retrognathia tergantung pada seberapa parah kelainannya, juga gejala yang muncul. Berikut beberapa cara mengobatinya yang paling umum:

1. Minum obat pereda nyeri

Minum Obat Anti Nyeri
Minum obat pereda nyeri jadi cara yang paling sering dituju untuk mengobati sakit rahang akibat regnognathia. Gunakan paracetamol atau ibuprofen yang dapat dibeli di apotek terdekat tanpa harus menebus resep dokter.

Meski begitu, selalu perhatikan aturan pakai obat sebelum Anda meminumnya. Baca dengan teliti berapa kali dan kapan saja idealnya harus minum obat tersebut. Perhatikan juga obat lain apa saja yang dapat berinteraksi dengan obat pereda nyeri yang Anda minum agar tidak menimbulkan efek samping berbahaya.

Jangan ragu untuk bertanya langsung ke apotek atau dokter tentang aturan pakai dan dosis obat pereda nyeri yang sesuai dengan kondisi Anda.

2. Kompres dingin

Kompres Dengan Batu Es
Jika rasa nyerinya tidak begitu parah, mengompres rahang dengan batu es bisa menjadi solusi sementara. Sebagian orang juga mengakui cara ini cukup efektif untuk mengobati sakit rahang akibat retrognathia.

Kompres dingin dapat membantu meredakan peradangan sekaligus nyeri di tempat yang bermasalah. Dengan begitu, Anda tak harus lagi tersiksa dengan sensasi nyut-nyutan di sekitar rahang.

Caranya Anda cukup membungkus beberapa bongkah es batu dalam handuk atau waslap bersih, lalu letakkan di bagian rahang yang bermasalah selama 15-20 menit. Beri jeda 10 menit jika ingin mengompres ulang.

3. Pijat

Ilustrasi Pijat
Mengobati rahang yang sakit akibat retrognathia juga bisa dengan cara dipijat. Pijat bagian rahang yang nyeri dengan ibu jari secara lembut perlahan.

Apabila Anda ragu, boleh saja panggil tukang pijat asalkan berkompeten dan berpengalaman untuk masalah kelainan tulang. Pasalnya, salah pilih tukang pijat dapat membuat kondisi Anda semakin buruk.

4. Perawatan ortodontik

Lakukan Perawatan 
Perawatan ortodontik dengan pemasangan tutup kepala khusus oleh dokter spesialis bedah gigi dan mulut dapat membantu memperbaiki struktur rahang yang tidak rata.

Prosedur ini dapat membantu menghambat pertumbuhan rahang atas, sehingga rahang atas dan bawah penderita nantinya bisa sejajar. Pemasangan splint gigi atau bite plates juga bisa dilakukan untuk mengobati kasus retrognathia yang parah.

Sebelum menganjurkan perawatan tersebut, dokter biasanya akan melakukan serangkaian pemeriksaan yang melibatkan pemeriksaan fisik, riwayat kesehatan, atau tes laboratorium. Jangan takut untuk menanyakan manfaat dan risiko dari setiap prosedur medis yang direkomendasikan dokter.

5. Operasi

Ilustrasi Operasi
Bila sakit rahang yang Anda rasakan akibat retrognathia sangat parah, operasi adalah cara mengobati yang paling jitu.

Prosedur bedah maxillomandibular advancement (MMA) dapat dilakukan untuk menggerakkan kedua rahang ke depan. Dengan melakukan prosedur ini, Anda mungkin tidak membutuhkan pemasangan kawat gigi untuk meratakan gigi.

Jika Anda merasa khawatir tentang dampak kesehatan dari posisi rahang yang tidak presisi ini, jangan sungkan untuk berkonsultasi langsung ke dokter gigi. Dokter gigi dapat memberikan saran tentang pilihan perawatan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

(HS)



Sumber : hellosehat.com