Situasi Arus Mudik H -4 di Wilayah Kabupaten Karawang Lancar

Kompol Sutarsa Saat Lakukan Tugas PAM Arus Musik 2019

Lensanews (Karawang) - Arus mudik H - 4 menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H, untuk pengendara motor dari pos pam lamaran terpantau lancar dan tidak ada pengalihan ke arah telagasari-cilamaya, Sabtu (01/06/2019).

Meski begitu, sejumlah anggota polisi tetap berjaga untuk mengantisipsi akan terjadinya kemacetan lalulintas maupun aksi kejahatan di sepanjang jalur mudik.

Petugas kepolisian Polres Karawang Kompol Winarsa menjelaskan, bahwa pada tahun ini, arus mudik yang melewati jalur wilayah kabupaten karawang bisa dikatakan lancar, tidak ada kemacetan yang amat parah di bandingkan tahun kemarin, dan terjadi itensitas penurunan kendaraan dibandingkan dengan hari pertama mudik.

"Justru menurut pengamatan pos pam lamaran atas, arus mudik akan padat adalah pada hari pertama, hari kedua dan hari ketiga, namun sampai hari ini justru semakin menandai kelancaran, dengan Kecepatan rata-rata 50-70 km," Ujarnya kepada Lensanews.id, Jumat (01/06/2019) malam.

Dirinya menambahnkan, hingga saaat ini belum ada planing untuk pengalihan jalur ke jalan alternatif Telagasari-Cilamaya, karena belum di temukan terjadinya uraian kemacetan yang signifikan pada jalur Lamaran-Cilkampek.

"Belum ada pengalihan, karna Jalur Cipendeuy, Klari, Kosambi, dan Cikampek masih memungkinkan untuk dilalui arus dari lamaran, sehingga belum di alihkan melalui Telagasari, Lemah abang, sampai Cilamaya," Tambahnya.
Dirinya juga menerangkan, jika nanti terjadi situasi penumpukan kendaraan pada jalur Lamaran sampai Cikampek, itu yang akan memungkinkan terjadinya pengalihan dari Lamaran ke arah Telagasari sampai Cilamaya.

"Situasional, manakala Kosambi-Cikampek tidak menampung lagi otomatis kita buang dari sini, di alihkan lewat Telagasari-Lemahabang-Cilamaya, terutama pemudik yang menggunakan sepeda motor, " Terangnya.

Namun sampai saat ini belum ada aktivitas terjadinya sistem One Way dari jalan Tol melalui jalur Arteri.

"Untuk dari arah Cirebon mobil belum ada pengalihan manakala jalan Tol One Way otomatis lewat arteri," Pungkasnya.

(Gie)