Sering Susah Tidur? Ini Cara Cepat Tidur Dalam Satu Menit

Ilustrasi Tidur

Lensanews - Tidur adalah salah satu kebutuhan dasar manusia, namun beberapa orang memang mengalami masalah tidur sehingga cara apa pun yang ditempuh tak berhasil membuatnya terlelap, kita mungkin sudah mencoba mendengarkan musik yang lembut, tidur dengan penutup mata, memasang sumbat telinga, dan meredupkan lampu, padahal, ada teknik yang lebih mudah dan alami untuk membantu cepat tidur. Ingin tahu caranya? Simak terus informasi di bawah ini.

Cara cepat tidur dengan teknik 4-7-8

Setiap orang mungkin memiliki alasan yang berbeda-beda mengapa sulit sekali untuk langsung tidur, bagi yang susah tidur karena terlalu asyik bermain media sosial atau game, tapi ada juga yang susah tidur karena insomnia atau masalah kesehatan lainnya.

Apa pun masalahnya, tak ada salahnya mencoba teknik 4-7-8 untuk membantu untuk tidur lebih cepat dan nyenyak, perhatikan langkah-langkah menerapkan teknik cepat tidur berikut ini.

1.    Posisikan ujung lidah menempel di langit-langit mulut, tepat di belakang deretan gigi atas dan tahan posisi ini sampai langkah terakhir.
2.    Buang napas melalui mulut pelan-pelan, sampai ada bunyi desis angin yang keluar.
3.    Katupkan kedua bibir dan tarik napas dalam melalui hidung sembari menghitung sampai empat.
4.    Tahan napas sambil menghitung sampai tujuh dalam hati.
5.    Buang napas lewat mulut dalam hitungan sampai delapan.
6.    Ulangi teknik ini dari awal hingga langkah ke lima sebanyak tiga kali. Totalnya akan melakukan teknik ini sebanyak empat kali.

Mengenal teknik 4-7-8

Cara cepat tidur ini pertama kali dikembangkan oleh seorang dokter penyakit dalam lulusan sekolah kedokteran Harvard, dr. Andrew Weil. Fokus dari teknik ini sendiri adalah menjadikan pikiran kita lebih rileks dan tenang. Dr. Andrew Weil percaya bahwa pernapasan adalah sebuah senjata yang ampuh dalam menenangkan tubuh dan pikiran. Pasalnya, teknik pernapasan ini sebenarnya sudah dikenal sejak berabad-abad lalu dalam tradisi kuno India bernama pranayama.

Lebih lanjut, dr. Andrew Weil mengingatkan bahwa teknik ini harus dilatih secara terus-menerus, kita mungkin tidak akan langsung terlelap nyenyak dalam percobaan pertama dan kedua, namun semakin tubuh kita terbiasa dengan relaksasi semacam ini, lama-lama sistem saraf akan terlatih untuk cepat tidur, bahkan dalam waktu kurang dari semenit.

Perlu diingat, teknik ini bukan pengganti perawatan medis atau obat yang sudah diresepkan dokter untuk kita, langkah-langkah relaksasi ini hanya ditujukan sebagai pelengkap. Maka, konsultasikan dulu dengan dokter sebelum memulai teknik 4-7-8 di rumah.

Manfaat melakukan relaksasi dengan teknik pernapasan

Teknik pernapasan 4-7-8 ini rupanya tak hanya berguna untuk membantu kita tidur lebih cepat dan berkualitas. kita juga bisa memanfaatkan teknik 4-7-8 untuk berbagai tujuan. Selain itu, karena teknik ini tidak membutuhkan peralatan atau ruangan khusus, kita bisa melakukannya di mana pun.

Seorang spesialis bedah dari Amerika Serikat, dr. Michelle Gordon bahkan menganjurkan teknik ini bagi orang-orang yang akan dioperasi atau sedang dalam masa pemulihan setelah dioperasi, menurutnya, teknik ini ampuh dalam menenangkan dan meningkatkan kualitas istirahat pasien, kita juga bisa memanfaatkan teknik 4-7-8 untuk membantu meredakan kecemasan, stres, depresi, serta meningkatkan fungsi kognitif otak dan sistem saraf.

(HS)


Sumber : hellosehat.com