SDN Kondang Jaya 1 Pungut Biaya 600 Ribu Kepada Orang Tua Calon Siswa Untuk Pembelian Seragam

SDN Kondang Jaya 1 Pungut Biaya 600 Ribu Untuk Pembelian Seragam

Lensanews.id (Karawang) - Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) 2019 bagi anak yang sudah berumur 6 tahun untuk masuk Sekolah Dasar sudah di mulai, banyak para orang tua yang datang kesekolah untuk mendaftarkan anaknya yang hendak bersekolah, namun PPDB ini di duga di jadikan kesempatan oleh salah satu sekolah berstatus negeri untuk melakukan pungutan biaya kepada orang tua calon siswa dengan dalih untuk pembelian pakaian olah raga, pakaian batik dan pakaian adat.

SDN Kondang jaya 1 yang bertempat di Dusun Tipar, Desa Kondang Jaya, Kecamatan Karawang Timur, Kabupataen Karawang, diduga melakukan penarikan biaya kepada orang tua calon siswa yang akan duduk di bangku kelas 1 SD sebesar 600. 000/ Siswa, untuk pembelian pakaian olah raga, pakaian batik dan adat, sedangkan untuk pakaian hitam putih dan pakaian pramuka orang tua calon siswa harus membelinya sendiri.

Salah seorang orangtua calon siswa mengatakan, dirinya datang ke sekolah untuk mendaftarkan anaknya menjadi peserta didik baru, dan di minta sejumlah uang sebesar 600 ribu untuk administrasi pembelian seragam.

“Untuk mendaftarkan anak saya sekolah, bayar 600 ribu, untuk beli seragam” Ujarnya kepada Lensanews.id, setelah keluar dari kantor SDN Kondang Jaya 1 dan diminta keteranganya, Senin (17/06/2019).

Dari pantauan lensanews.id, setelah beberapa menit kemudian, datanglah orang tua calon siswa yang lainnya masuk kedalam kantor, menyerahkan berkas dalam map dan mengeluarkan uang dari dalam dompetnya serta menyerahkannya ke salah seorang guru.

“Untuk seragam olah raga, pakaian batik dan pakaian adat, untuk pakaian pakaian hitam putih dan pramuka beli sendiri,” Ucap pria tersebut setelah keluar dari kantor SDN Kondang Jaya 1 dan di konnfirmasi Lensanews.id.

(Din)