Orangtua Siswa Kelas 6 di SDN Kondang Jaya 1 di Pungut Biaya Untuk PPDB

Lokasi SDN Kondang Jaya 1 Karawang Timur

Lensanews (Karawang) - Memasuki tahun ajaran baru, setiap sekolah baik SD, SMP dan SMA serta SMK melakukan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), namun salah satu Sekolah Dasar Negeri di kabupaten Karawang di duga telah kembali melakukan praktek pungutan biaya terhadap orang tua murid kelas 6 SD dengan dalih untuk operasional PPDB,

Pungutan tersebut terjadi di SDN Kondang Jaya 1 berlokasi di Dusun Tipar, Desa Kondang Jaya, Kecamatan Karawang Timur, Kabupaten Karawang, yang meminta biaya kesetiap orangtua murid kelas 6 SD sebesar RP. 250.000/ siswa, untuk melanjutkan ke jenjang SMP.

Kepala Sekolah Dasar Negeri Kondang Jaya 1 Amad Jaelani mengakui, bahwa memang benar  pihaknya telah meminta biaya kepada setiap orang tua murid kelas 6 sebesar 250 ribu rupiah / siswa, namun bukan untuk surat kelulusan melainkan untuk PPDB.

SDN Kondang Jaya 1
“Ga ada (Biaya untuk surat kelulusan), itu buat PPDB, untuk Onlinenya, untuk guru ke SMPnya, sebatas itu tidak merugikan orang tua siswa dan tidak ... masa yang begini di tahan ( surat kelulusan), gebleg sugan, kalau itu di tahan saya, menghambat pemerintah dong, saya mah inginnya membantu kan ke pemerintah supaya anak teh masuk ke ini, ... ini (SMP),” Ujarnya kepada Lensanews.id, di ruangan kerjanya, Senin (17/06/2019).

Dirinya mengatakan, apabila ada orangtua yang keberatan dengan pungutan biaya yang dilakukan sekolahnya, akan dibiarkan, dan pungutan tersebut bagi orang tua yang iklas memberi, selain itu pihaknya juga tidak akan memaksa, dirinya berharap untuk permasalahan seperti ini jangan menggunakan medsos.

“Lepas saya, silahkan, di kasihkan, ini bagi yang ridho, kalau misalnya tidak senang ya ngomong secara baik baik, saya juga manusia, yang penting saya tidak maksa, buat apaan saya, kan ada alinea ke 4 yaitu kecerdasan kehidupan bangsa, Demi Allaah kang, makanya jangan dulu ngomong di WA kelas 6, konfirmasi, tidak mungkin saya saklek sebagai Kepala Sekolah, “ Terangnya.

Kantor SDN Kondang Jaya 1 Karawang Tmur
Sekali lagi dirinya mempertegas, pihaknya memang melakukan pungutan biaya untuk PPDB, bukan untuk surat kelulusan.

“Iya,”Tegasnya.

Dirinya juga mengatakan, pungutan biaya dilakukan lantaran sudah ada rapat intern yang dilakukan antara orang tua murid dengan pihak sekolah.

“Kita sudah rapat di intern orang tua siswa, dikumpulkan orang tua kelas 6, pada waktu awal, pertengahan semester,” Jelasnya.

(Din)