7 Makanan yang Harus Dihindari Saat Sedang Sakit Perut

Ilustrasi Sakit Perut

Lensanews - Makan adalah hal yang paling menyenangkan untuk dilakukan, namun jika mengalami diare, mual, atau bahkan maag, mungkin akan berpikir ulang untuk makan, karena perut sedang tidak bersahabat, meskipun sakit pada perut tidak akan berlangsung lama, namun memilih makanan yang kurang tepat untuk dikonsumsi akan membuat sakit perut berlangsung lebih lama.

Oleh karena itu, berikut adalah beberapa makanan yang perlu di hindari saat sedang sakit perut.

1. Bawang putih
Ekstrak bawang putih adalah salah satu suplemen terbaik bagi jantung, namun mengkonsumsi bawang putih saat perut sakit dapat menyebabkan nyeri meningkat karena bawang putih mengandung fruktans, senyawa yang dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti sakit perut, kembung, dan ketidaknyamanan.

2. Gula halus
Makanan yang manis ini dapat menyebabkan kadar insulin meningkat sehingga akan terjadi fluktuasi gula darah dalam tubuh, meskipun tidak akan berdampak langsung pada perut, namun mengkonsumsi gula halus saat perut sakit dapat membuat tubuh berkeringat dan gemetar.

3. Susu
Salah satu makanan yang sulit dicerna oleh tubuh adalah susu, karena susu mengandung laktosa gula yang tidak mudah dicerna tubuh, sehingga jika tetap minum susu saat mengalami diare, maka keadaannya akan memburuk.

4. Kafein
Kafein (seperti teh, kopi, dan soda) akan merangsang motilitas (kemampuan bergerak atau berpindah tempat) saluran pencernaan yang akan membuat isi yang ada di dalam saluran pencernaan bergerak lebih cepat melalui sistem pencernaan, sehingga jumlah yang berlebihan tersebut dapat menyebabkan diare.

Selain itu, soda merupakan salah satu produk makanan yang perlu dihindari karena kandungan asam sitrat dan natrium benzoat didalam soda, bahan kimia tersebut bersifat keras pada perut, jadi jika sedang mengalami diare, kafein hanya akan memperburuk masalah pencernaan.

5. Makanan pedas
Meskipun makanan pedas selalu menggugah selera untuk makan, namun jika sedang mengalami mual, muntah, atau bahkan diare, sebaiknya menghindari makanan pedas hingga keadaan lebih baik.

6. Makanan asam
Selain makanan pedas yang harus dihindari saat sedang mual, muntah, atau diare; makanan lainnya yang perlu dihindari adalah makanan asam seperti saus tomat, buah yang bersifat asam seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, atau anggur yang dapat menyebabkan masalah pencernaan. 

Selain itu, meskipun anggur merah dan hitam mengandung resveratrol, antioksidan yang telah terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan, namun konsumsi anggur terlalu banyak justru dapat menyebabkan mual dan diare karena kandungan fruktosa dan tanin di dalamnya.

7. Makanan berlemak
Saat perut sedang bermasalah, ada baiknya untuk menghindari makanan berlemak (seperti mentega, es krim, daging merah, dan keju) untuk sementara waktu, karena makanan berlemak tersebut akan merangsang kontraksi pada saluran pencernaan yang dapat memperlambat pengosongan lambung, memperburuk sembelit, atau menyebabkan diare lebih buruk.

Makanan yang baik untuk mengatasi sakit perut

Lalu, apa yang harus di makan saat perut sedang sakit? Berikut adalah beberapa makanan yang dapat dikonsumsi untuk membuat kondisi perut membaik:

1. Nasi
Tanpa disadari, nasi adalah makanan utama yang dapat mengurangi kram pada perut, nasi kaya akan magnesium dan kalium, yang keduanya akan membantu dalam mengurangi kram dan rasa sakit pada perut, nasi juga rendah serat dibanding biji-bijian lainnya, selain itu, nasi juga tinggi akan pati resisten yang dapat menyerap racun dan membantu racun keluar dari tubuh.

2. Pisang
Pisang adalah sumber makanan yang dapat dikonsumsi saat sedang merasa sakit perut; namun pisang yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat perut sakit adalah pisang yang setengah matang, karena pisang yang terlalu matang (yang berwarna kuning cerah) justru dapat menyebabkan kram perut, pisang yang setengah matang mengandung jumlah tinggi magnesium, kalium, dan vitamin B6 yang adalah tiga nutrisi yang dapat membantu mengurangi kram dan rasa sakit pada perut.

3. Yogurt non-susu
Berbeda dengan susu, yogurt justru salah satu produk yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat perut sedang sakit, karena bakteri yogurt adalah salah satu yang paling menenangkan untuk saluran pencernaan dan ampuh untuk mengurangi kram, kembung, dan membantu pencernaan, untuk mendapatkan manfaat dari yoghurt tanpa kandungan susu di dalamnya,  dapat mencoba kedelai, kelapa, atau susu yogurt almond yang tidak mengandung pemanis buatan atau tambahan.

(HS)


Sumber : hellosehat,com