2 Dari 3 Pencuri Rumah Kosong Berhasil di Tangkap Polisi

Ilustrasi Dua Pelaku Pencuri Yang di Tangkap Polisi 

Lensanews (Bekasi) - Pihak kepolisian Polres Metro Bekasi Kota berhasil menangkap dua dari tiga pelaku pencurian rumah kosong di Bekasi, Jawa Barat. Pelaku melakukan aksinya di saat penghuni rumah pulang mudik karena libur lebaran, satu pelaku berhasil kabur dan hingga saat ini dalam pemburuan petuigas kepolisian.

Pelaku melakukan aksinya lantaran demi kebutuhan saat lebaran tiba, namun aksinya tersebut di ketahui setelah pihak kepolisian mengembangkan penyidikannya atas laporan pemilik rumah sekaligus korban yang saat sudah kembali kerumahnya dan melihat ada barang-barangnya milik korban yang hilang.

"Ketiga pelaku masuk ke rumah korban dengan cara naik ke loteng rumah salah seorang pelaku yang bernama Jopai. Lalu ketiganya berjalan ke rumah korban melalui loteng kemudian pelaku turun ke dalam rumah korban," Kata Kasubag Humas Polres Metro Bekasi Kota, Kompol Erna Ruswing, kepada wartawan, Selasa (11/06/2019).

Dua pelaku yang ditangkap bernama Rizal dan Nikolaus Febrian, sementara satu pelaku yang bernama Jopai masih dalam pencarian. Jopai merupakan tetangga korban.

Dirinya menjelaskan, ketiga pelaku memasuki rumah korban melalui loteng, setelah berhasil membobol, para pelaku kemudian memindahkan barang curian berupa televisi dan sejumlah tabung gas 3 kg ke rumah Jopai yang berdekatan dengan rumah korban.

"Pelaku mengambil barang korban dan dipindahkan ke rumah pelaku Jopai dengan cara estafet, rumah pelaku dengan rumah korban berdekatan, (pelaku mengambil) 10 biji tabung gas tiga kilogram dan 1 unit televisi " Jelasnya.

Sementara itu, Kanitreskrim Polsek Pondok Gede AKP Supriyanto kasus tersebut bermula dari laporan korban yang merasa barang-barangnya telah raib. Polisi menelusuri dan kemudian menangkap Rizal dan Nikolaus, sementara Jopai berhasil kabur.

Supriyanto mengatakan, ketiga beraksi saat rumah korban dalam keadaan kosong, motif pelaku diduga untuk kebutuhan lebaran, pelaku kini dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian.

"Orangnya (korban) pulang kampung, dia (pelaku) jebol plafon atas (rumah korban). Jadi dari plafon ke plafon," Terangnya.

"(Motif pelaku) ya mau Lebaran. Mau dijual lagi (buat kebutuhan lebaran),"Pungkasnya.


(DN)



Sumber : detiknews.com