Serah Terima Jabatan Ketua Pelaksana Saber Pungli

Komjen Putut Eko Bayuseno Bersama Komjen Moechgiyarto 
Lensanews (Jakarta) - Serah terima jabatan Ketua Pelaksana Satgas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) dari Komjen Putut Eko Bayuseno kepada Komjen Moechgiyarto digelar di Kemenko Polhukam, Sesmenko Polhukam Letjen Agus Surya Bakti berpesan kepada Moechgiyarto untuk meningkatkan pengamanan petugas di lapangan.

"Saya mengharapkan Kasatgas dapat memperhatikan pengamanan internal terhadap kemungkinan penyimpangan para petugas di lapangan, agar tidak terjadi kontraproduktif dengan visi dan misi Satgas Saber Pungli," Ujar Agus di Ruang Nakula Kemenko Polhukam, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (03/05/2019).

Dirinya mengatakan, pungli kerap terjadi di lembaga pelayanan publik, karena pungli dapat mengganggu pelayanan serta hilangnya kepercayaan masyarakat kepada pemerintah.


"Kegiatan pungutan liar yang semakin marak pada pelayanan publik tersebut akan mengganggu dan memberatkan masyarakat sehingga dapat menghilangkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah, menghambat perkembangan ekonomi, dapat mempengaruhi iklim investasi dan merosotnya wibawa hukum," Lanjutnya.

Dirinya juga meminta kepada Satgas Saber Pungli untuk terus meningkatkan kinerja dan  masyarakat akan mulai percaya jika pungli di lembaga pemerintahan berkurang setelah Satgas Saber Pungli bekerja.

"Saya berharap di bawah kepemimpinan Kasatgas yang baru, semoga Satgas Pungli kedepannya akan  semakin berprestasi, saat ini masyarakat sudah mulai sadar, tidak ada lagi yang memicu pungutan liar dalam melakukan kegiatan pelayanan publik," Harapnya.

Sementara itu Moechgiyarto dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Putut Eko Bayuseno yang sebelumnya menjabat Ketua Pelaksana Satgas Saber Pungli periode 2017-2019 dan juga mengajak seluruh jajaran Satgas Saber Pungli untuk bekerja sama dalam melaksanakan tugas.

"Hadirin yang saya hormati pada kesempatan ini saya juga ingin menyampaikan kepada saudara-saudara pejabat anggota Satgas Saber Pungli, kiranya silaturahim dan hubungan kekeluargaan serta kerja sama yang sudah terjalin sangat baik selama ini, untuk terus dapat dipelihara dan ditingkatkan ke depan untuk melanjutkan tugas-tugas Satgas Saber Pungli," Imbuhnya.

"Selanjutnya tentunya saya mohon dukungan seluruh anggota Satgas Saber Pungli, UPP, Kementerian lembaga provinsi dan kabupaten atau kota yang telah diberikan kepada Bapak Komjen Pol Drs Eko Bayuseno, kiranya juga diberikan kepada saya sehingga tugas Satgas Saber Pungli dapat dijalankan tanpa ada hambatan," Tambahnya.

Sedangkan yang menjadi fokus utama Satgas Saber Pungli ke depan adalah upaya pencegahan untuk meminimalisasi terjadinya pemungutan liar di pelayanan publik, juga upaya pencegahan lebih efektif daripada penegakan hukum.

"Kita akan mencoba nanti berbagai metode, terutama bagaimana mencegah, karena pencegahan itu akan lebih baik daripada penegakan hukum, di mana cost-nya pun juga akan lebih murah ketimbang penegakan hukum," Terangnya.

(DN)



Sumber : detiknews.com