Polisi Lumpuhkan Tiga Pelaku Begal Tiga Bersenjata Bondet

Komplotan Pelaku Yang Berhasil di Lumpuhkan Petugas Kepolisian
Lensanews (Pasuruan) - Jajaran Kepolisian Polres Pasuruan Berhasil menangkap tiga pelaku dari komplotan Curanmor dengan menggunakan senjata peledak jenis bom ikan (Bondet), Sabtu (18/05/2019), terjadi ketegangan saat terjadi penangkapan terhadap pelaku sehingga polisi terpaksa melumpuhkan pelaku dengan timah panas, dan kini polisi mengejar tiga pelaku lainnya yang masih buron.

"Komplotan ini sudah beraksi di 30 TKP. 20 Kali di wilayah hukum Polresta Pasuruan, 10 kali di Polres Pasuruan dan 10 kali di Sidoarjo," Kata Kapolresta Pasuruan AKBP Agus Sudaryatno di mapolresta Jalan Gajah Mada kepada wartawan, Rabu (22/5/2019).

Tiga pelaku yang berhasil dilumpuhkan bernama Buratin (24), Rudianto (21) dan Sodik (41), semuanya warga Desa Plososari, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan.

"Ada tiga lagi yang masih buron, anggota akan terus mengejarnya," Terangnya.

Komplotan ini spesialis dalam pencurian motor di toko waralaba, para pelaku beraksi berkelompok dan membagi perannya masing-masing dengan cara menjebol kontak motor dengan kunci T, pelaku menggunakan senjata bondet, bondet tersebut digunakan jika korban melakukan perlawanan.

"Sudah ada korban yang kena bondet," Katanya.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polresta Pasuruan AKP Slamet Santoso mengatakan, dengan dilumpuhkannya tiga anggota komplotan ini dan pengejaran pada tiga lainnya, kondisi keamanan di Pasuruan terkendali, terutama selama ramadan dan lebaran.

"Selama ini ya mereka ini yang beraksi," Katanya.

Sebelumya tiga pelaku, yakni Sodik, Buratin dan Rudianto, dilumpuhkan dalam pengejaran pada Sabtu (18/05/2019) malam, penangkapan di dua lokasi berbeda itu berlangsung menegangkan dan diwarnai tembakan, petugas terpaksa menembak ketiga pelaku di bagian kaki karena membawa bondet dan membahayakan petugas.

"Ketiganya kami jerat pasal 363 KUHP dan Undang-undang Darurat karena kepemilikan bahan peledak," Pungkasnya.  


(DN)



Sumber : detiknews.com