Polisi Berhasil Ungkap Pengedaran Pemalsuan Materai Yang di Jual Lewat Medsos dan Pelaku di Tangkap

Barang Bukti Materai Palsu Dari Tangan Pelaku
Lensanews (Jakarta) – Seorang warga bogor berinisial AS (30) berhasil ditangkap oleh Satuan Unit Ranmor Polres Pelabuhan tanjung Priuk yang dipimpin oleh Iptu Suprobo, SH, setelah berhasil mengungkap kasus pemalsuan materai yang dijual melalui media sosial dengan cara mengedarkan dan menyediakan materai tempel seharga RP Rp 6000.

Kasat Reskrim Polres Pelabuhan Tanjung Priok AKP Moh Faruk Rozi menjelaskan, bahwa tim memperoleh informasi tentang adanya peredaran materai diduga palsu dari masyarakat yang dijual dengan media online dengan harga Rp 4.000 per kepingnya.

Setelah menerima informasi dan pendalaman, Tim melakukan Undercover dengan cara memesan dan kemudian mentransfer uang ke rekening pelaku di wilayah Pelabuhan Tanjung Priok pada hari Rabu (24/04/2019) malam..

“Dan setelah barang sampai tim mencurigai bahwa materai tempel nominal 6000 adalah benar palsu, selanjutnya tim melakukan pencarian terhadap alamat pelaku penjualan materai palsu, yang keberadaanya di wilayah Bogor Barat tepatnya di kantor JNE Pasar Jumat Provinsi Jawa Barat,” Jelasnya, Selasa (30/04/2019).

Polisi berhasil menangkap AS dan membawa ke Polres Pelabuhan Tanjung Priok, pelaku diancam dengan Pasal 13 huruf b Undang-Undang RI Nomor 13 Tahun 1985 tentang Bea Meterai dan Pasal 257 KUHPidana.


(PMJ)


Sumber : poldametrojaya