Petani Tewas Terbakar Saat Berniat Bakar Daun Tebu Kering

Ilustrasi

Lensanews (Lamongan) - Rasiman (62) seorang petani, warga Dusun Sambiroto, Desa/Kecamatan Sukorame, Lamongan, tewas terbakar saat membakar daduk (Daun tebu kering, red) di lahan garapan tebu.

Saat membakar daun tebu yang kering, korban tidak menhiraukan kondisi angin dan udara panas yang saat itu sangat menyengat, sehingga api dengan mudah menjalar ke lahan tebu lainnya, korban pun tidak berhasil menyelamatkan diri saat hamparan kebun tebu di hutan negara petak 117 B RPH Sewor BKPH Jombang turut tanah Dusun Sambiroto Desa Kecamatan Sukorame, ludes terbakar.

Salah seorang saksi Didik Sudi Kuswanto (28) yang bekerja di sawah milik Sugeng, bersebelahan dengan lahan yang digarap Rasiman mengaku melihat api melahap korban yang sedang bekerja, saksi pun langsung lari mendekati kebun tebu yang terbakar untuk memadamkan api.

"Kejadian jam 12 an, saksi memberitahukan kepada majikannya jika ada lahan tebu terbakar di sebelah lahan miliknya," Kata Kapolsek Sukorame, AKP Sampun kepada wartawan saat dikonfirmasi, Senin (27/05/2019).

Sugeng yang mendapat laporan dari saksi kemudian memberitahu kepada mandor tebu, Bambang Edi Duprianto (35), Bambang kemudian mengecek lahan tebu yang terbakar dan mendapati kaos warna biru dan celana hitam di bawah pohon pinggir lahan yang diperkirakan korban bekerja.

"Saksi Bambang kemudian berusaha mencari dan akhirnya ditemukan mayat yang terbakar dengan posisi tertelungkup," Jelas Kapolsek yang datang ke lokasi kejadian bersama 5 anggotanya.

Dirinya menjelaskan, korban berusaha memadamkan api, namun terjebak di dalam lahan tebu dan tidak bisa keluar hingga korban meninggal dunia dalam keadaan terbakar api.

Polisi dan petugas puskesmas mengevakuasi korban dan mengamankan barang bukti berupa kaos dan celana yang sebagian sudah terbakar, baju warna biru dan celana panjang warna hitam.

"Korban saat ini sudah dimakamkan di pemakaman desa setempat," Pungkasnya.          


(DN)



Sumber : detiknews.com