Samarkan Dengan Limbah B3, Penyelundupan Ganja 300 Kg Dari Aceh Kembali di Gagalkan BNN

Tiga Pelaku Bersama Barang Bukti Ganja Seberat 3 Kg
Berhasil di Amankan Petugas BNN 
Lensanews (Jakarta) - Petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) kembali berhasil menggagalkan penyelundupan ganja asal Aceh yang ikirim ke Jakarta, kali ini ganja seberat 300 kilogram yang samarkan dengan limbah medis bahan berbahaya dan beracun (B3) ditemukan dari mobil boks.

Tiga orang yang saat ini telah menjadi tersangka di ketahui bernama Dodi, Misbah, dan Jainudin, bertugas sebagai kurir dan penerimaan ganja diamankan petugas, di saat akan melakukan proses penyerahan ganja di hotel di wilayah Cilegon, Banten.

Deputi Pemberantasan BNN Irjen Pol Arman Depari mengatakan, pengungkapan kasus ini merupakan pengembangan dari yang sebelumnya, di mana pihaknya menggagalkan 200 kilogram ganja beberapa waktu lalu di Depok.

“Dari pengungkapan itu kami mendapatkan informasi akan adanya lagi pengiriman ganja dengan jumlah besar,” Katanya, Kamis (16/05/2019).

Berbekal informasi itu, tim langsung mengarah ke kawasan Cilegon, petugas menangkap pelaku Dodi di satu hotel di daerah Cilegon, Banten, selanjutnya petugas melakukan penggeledahan terhadap mobil boks, dan ditemukan 10 karung plastik berisi ganja kering seberat 300 kilogram.

“Ganja tersebut disembunyikan di antara karung limbah Medis B3,” Sambungnya.

Dari keterangan pelaku Dodi, barang tersebut akan diserahkan kepada pelaku Misbah di depan hotel tersebut, kemudian tim pun langsung melakukan penyamaran, dan berhasil menangkap dua pelaku lainnya yaitu Misbah bersama rekannya Jainudin.

“Pemeriksaan mendalam masih dilakukan petugas dari pengungkapan tersebut,” Ujarnya.

Modus yang digunakan pelaku terbilang baru karena berupaya mengelabui dengan disamarkan limbah B3, hal itu dilakukan ganja yang dibawanya luput dari penciuman anjing pelacak dan pemantauan petugas.

“Kalau yang sebelumnya kan peti yang berisi ganja di pilox agar baunya tak tercium,” Terangnya.

Total barang bukti yang diamankan dari kedua hasil itu pun mencapai 700 kilogram ganja kering siap edar, sedangkan jumlah tersangka yang diamankan lima, karena sebelumnya BNN juga berhasil menggagalkan penyelundupan 400 kilogram ganja.

“Semua barang bukti ini merupakan ganja yang dikirim dari Aceh untuk dipasarkan ke Jakarta,” Tambahnya.

Hingga kini, petugas BNN masih memburu satu tersangka yang berprofesi sebagai sopir pembawa limbah B3, pasalnya karyawan yang bekerja sebagai sopir pengangkut limbah ini mendapatkan order dari temannya di daerah Aceh juga untuk membawa ganja ini ke Jakarta.

“Kami sedang mencari yang bersangkutan untuk kami lakukan penangkapan dan penyelidikan,” Pungkasnya.

(PMJ)


Sumber : poldametrojaya