Jelang Arus Mudik, Satlantas Polres Karawang Terapkan Jalur One Way

Kasatlatas Polres Karawang AKP Bariu Bawana, S.I.K
Lensanews.id (Karawang) - Menjelang hari raya Idul Fitri 1440 H yang jatuh pada tanggal 5 Mei 2019, jajaran petugas kepolisian Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Karawang akan melakukan kegiatan pengamanan di sejumlah titik di sepanjang jalur pantura di kabupaten Karawang, hal demikian dilakukan guna mengurai kemacetan yang akan terjadi pada arus mudik nanti, dan untuk menjadi perhatian tentunya tentang diberlakukannya One Way, artinya satu arah pada puncak arus mudik 2019 ini.

Kasatlantas Polres karawang AKP Bariu Bawana,S.I.K menjelaskan terkait kesiapan waktu, dan antisipasi terkait pelaksanaan One way pada puncak arus mudik yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 31 Mei 2019 dan tanggal 01, 02 Juni 2019.

“Oneway akan dimulai pada tanggal 31 Mei hingga 02 Juni 2019, kemudian arus baliknya pada tanggal 08 sampai 10 Juni 2019, namun rencana itu, dijamin masih belum tentatif. Informasi dari KM 25 Jakarta sampai KM 70 Cikampek begitupun sebaliknya jika arus balik,” Jelasnya kepada Lensanews.id, Sabtu (25/05/2019)

Dirinya juga menjelaskan terkait jam pelaksanaan Oneway yang sifatnya tentatif yang artinya sementara waktu dan masih melihat situasional arus lau lintas.

“Dari jamnya tentatif masih dari pusat kalo dari pusat sampaikan, karna melihat situasional arus lalu lintas nanti,” Sambungnya

Demi menjaga keamanan dan kenyamanan arus mudik pada saat  diberlakukannya one way, pihaknya juga akan terus mengantisipasi adanya kemacetan dan menempatkan personil pada area tertentu.

“Untuk antisipasinya kita plotting personil jalur A dan jalur B, khususnya Rest Area kemudian pintu keluar dan setiap pintu gerbang tol, untuk di Karawang dari pintu tol Karawang Barat sampai pintu tol Kalihurip, Dawuan,” Jelasnya.

Sementara itu, beberapa point yang harus disampaikan dalam hasil rapat Korlantas mengenai pelaksanaaan One Way sebagai berikut :

·        Untuk pelaksanaan One Way di Tol Cipali pada saat arus mudik akan di laksanakan pada tanggal 30, 31 Mei, 1, 2 Juni 2019 Pukul 08.00 WIB s/d 21.00 WIB setiap harinya, One Way di mulai dari KM 25 Cikarang Utama s/d KM 263 Brebes Timur. Untuk arah lalin dari arah Semarang menuju Jakarta akan di alihkan melalui jalur Pantura dan Jalur tengah Sumedang.
·        Pada saat arus balik akan di laksanakan pada tanggal 7, 8, 9 Juni 2019 Pukul 12.00 WIB s/d 24.00 WIB. One Way di mulai dari Brebes KM 263 s/d Cikampek KM 70. Arus lalin dari arah Cikampek menuju Cirebon akan di alihkan melalui Jalur Pantura.
·        Pada saat pelaksanaaan One Way agar di siapkan dengan matang sarana dan prasarananya serta antisipasi jalur arteri Pantura, karena arus akan di alihkan melalui jalur arteri Pantura

Sistem satu arah atau One way di harapkan akan mecegah terjadinya kemacetan dijalur Tol pada saat puncak arus mudik lebaran pada tahun ini.


(Gie)