Dalam Sehari, Nyaris 1.000 Tersangka Pembunuhan Berhasil di Tangkap Polisi

Ilustrasi Tahanan

Lensanews (Brasilia) - Kepolisian Brasil menangkap nyaris 1.000 tersangka kasus pembunuhan dalam sehari, penangkapan itu dilakukan dalam operasi antipembunuhan besar-besaran yang digelar di nyaris setiap wilayah Brasil.

Seperti dilansir AFP, Rabu (29/05/2019), Dewan Nasional Kepala Kepolisian Sipil menyebut operasi tersebut merupakan tahap kedua dari operasi besar-besaran bernama 'Operation Cronos'. Total ada 968 tersangka pembunuhan yang ditangkap dalam sehari, tepatnya pada Selasa (28/05/2019) waktu setempat.

Di masing-masing wilayah, polisi setempat saling membagi perkembangan terbaru secara real-time soal operasi mereka melalui media sosial, termasuk memposting foto dan video.

Di antara mereka yang ditangkap, terdapat 56 tersangka yang ditangkap atas pembunuhan satu orang dalam aksi kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) atau praktik diskriminasi gender.

"Dengan memenjarakan para pembunuh, kami berharap bisa mencegah tindak kriminal di masa mendatang," demikian disampaikan Dewan Nasional Kepala Kepolisian Sipil dalam pernyataannya.

Selama Operation Cronos tahap pertama pada Agustus lalu, polisi Brasil menangkap nyaris 3 ribu tersangka pembunuhan dan KDRT.

Komisi HAM Antar-Amerika, yang merupakan bagian dari Organisasi Negara-negara Amerika, menyampaikan 'kekhawatiran mendalam' terhadap tindak kekerasan gender di Brasil, pada awal Februari lalu. Disebutkan bahwa sedikitnya 126 wanita tewas dalam aksi kekerasan gender sepanjang tahun ini.


(DN)


Sumber : detiknews.com