Petani Temukan Mayat Bayi di Saluran Irigasi

Mobil Patroli Polisi Bawa Mayat Bayi Dalam Kardus
Lensanews (Brebes) - Seorang petani Toharun (43) menemukan sesosok mayat bayi perempuan tersimpan dalam kardus yang hanyut disaluran irigasi, Desa Tanjungsari, Kecamatan Wanasari, Brebes, Kamis (25/04/2019), bayi malang tersebut di duga sengaja dibuang oleh orangtuanya.

Toharun yang saat itu tengah di pesawahan melihat bungkusan dalam kardus yang hanyut di saluran irigasi, kemudian di angkat dan diletakkan di areal pesawahan, namun dirinya terkejut ketika di buka isi dalam kardus itu ternyata sesosok mayat bayi perempuan yang kondisinya masih merah, lengkap dengan tali pusar dan plesenta, serta badan bayi terbungkus kain sarung juga selembar celana pendek orang dewasa.
.
Diperkirakan, bayi ini sudah meninggal 2 sampai 3 hari lalu, hal ini bisa dilihat dari kulit bayi yang masih merah, namun sudah mengeluarkan bau busuk.

"Tadi saya lihat ada bungkusan di saluran dan saya angkat, dikira bungkusan sampah makanya diangkat biar tidak menyumbat saluran, pas dibuka baunya busuk, ternyata bayi sudah mati," Ujarnya.

Kepala Desa Tanjungsari Warasmui membenarkan, warganya telah menemukan mayat bayi tersebut, namun menurut keterangan dari warganya itu, bungkusan yang berada dalam kardus berisi jasad bayi yang hanyut di saluran irigasi.

"Sepertinya sengaja dihanyutkan oleh orang tuanya, terus sampai di desa sini," Ucap Kades Tanjungsari.

Dengan adanya peristiwa penemuan jasad bayi yang berada di wilayahnya, Kepala Desa Tanjungsari akan berkoordinasi dengan para bidan desa sekitar untuk mengungkap siapa orang tua yang tega membuang bayinya itu.

"Nanti bidan desa agar memantau siapa saja yang periksa kandungan di desa ini dan sekitarnya, termasuk rumah bersalin," Sambungnya.

Mayat bayi ini kemudian dibawa petugas Polsek Wanasari ke RSUD Brebes untuk dilakukan visum.


(DN)



Sumber : detiknews.com