Pemkab Magetan Heran Seorang Kades Yang Masih Aktif Menjabat Bisa Lolos Jadi Caleg DPR RI

Kantor Kepala Desa Klagen, Kabupaten Magetan 
Lensanews (Magetan) – Seorang Kepala Desa di Kecamatan Barat membuat geger Pemerintah Kabupaten Magelang, pasalnya Kades Klagen yang bernama Joko Sudarmawan lolos menjadi Calon Legislatif (Caleg) di DPR RI, padahal selain masih aktif menjabat sebagai Kepala Desa, juga dinas terkait menduga adanya pemalsuan dokumen KTP atau memiliki KTP ganda.

"Yang punya gawe kan KPU dan ini kok bisa mendaftar ke KPU pusat gimana ceritanya nah kita masih akan klarifikasi," Kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Magetan, Iswahyudi Yulianto saat di hubungi detikcom, Jumat (29/03/2019).

Dinas PMD Kabupaten Magelang mengatakan, adanya dugaan pemalsuan dokumen KTP atau kepemilikan KTP ganda yang dilakukan oleh Kepala Desa Klagen untuk menjadi Caleg DPR RI.

"Sebenarnya Kades harus mengubah KTP saat mulai menjabat, makanya ini kita cek dulu daftar ke KPU di Jakarta pakai keterangan apa, waktu cari SKCK gimana, saat ini kan kewajiban bagi kita mengubah KTP jika salah dibetulkan, makanya kalau dia tidak mengubah KTP, dia memanfaatkan, dengan kelengkapan KTP diubah juga bisa, setelah koordinasi dengan Catatan Sipil (Capil) seperti apa, apakah ada pemalsuan KTP kok dua kan bisa, betul gak KTP-nya dua apa lupa tidak ditarik oleh Capil," Imbuh Yuli.

Dirinya menambahkan, pihaknya akan memanggil Kades Klagen untuk memberikan klarifikasi terkait pencalonannya sebagai anggota legislatif, selain Kades Klagen, Dinas PMD juga akan memanggil Camat Barat untuk mengetahui duduk persoalan kenapa Kades Klagen yang masih aktif menjabat bisa sampai terdaftar sebagai salah satu Caleg DPR RI.

"Secepatnya mungkin Senin kita panggil kades dan Camat Barat untuk melaporkan kronologi ini," tambahnya.

Terkait dengan sanksi yang akan di berikan kepada Kades Klagen atas pencalonannya sebagai DPR RI, pihaknya tidak bisa memberikan kewenangan, namun yang mengambil keputusan penuh berada di ruang lingkup Bupati Magetan.

"Itu nanti kewenangan Pak Bupati kalau sanksi ke kades, yang jelas Senin kita panggil undang kades dan camat dulu," pungkasnya.

Sebelumnya Bawaslu Magetan menemukan nama kades aktif Desa Klagen sebagai salah satu Caleg DPR RI, joko maju melalui Partai Gerindra untuk dapil Jatim VIII, yakni meliputi Kabupaten dan Kota Madiun, Kabupaten Nganjuk, Jombang dan Mojokerto.         

(DN)



Sumber : detiknews.com