Nabila, Bocah Pemulung Yang di Tinggalkan Orangtuanya Dan Menjadi Sorotan Nitizen

Nabila Saat Bekerja Sebagai Pemulung
Lensanews (Bandung Barat) - Seorang anak perempuan berusia 12 tahun di Kampung Cibodas, Desa Pangauban, Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, menjadi viral dengan kisahnya yang membuat banyak orang empati terhadapnya, berkat usahanya untuk berjuang demi sekolahnya dan kehidupan keluarganya, anak tersebut rela menyisihkan waktunya untuk melakukan pekerjaan sebagai pemulung.

Nabila di datangi oleh ratusan orang untuk memberikan dukungan, bahkan hujan gerimis tidak menjadi halangan bagi mereka untuk sekedar bertemu dan memberikan motivasi kepada murid SDN Panguban itu, yang memang lantang melawan kerasnya kehidupan.

Nabila dibesarkan oleh kakek dan neneknya, orang tuanya telah berpisah saat Nabila berusia 40 hari, untuk membeli perlengkapan sekolah, Nabila rela mengorbankan waktu bermainnya untuk menjadi pemulung rongsokan.

"Ayah kadang tiga bulan sekali datang ke rumah, tapi sekarang udah enggak pernah kelihatan, itu juga (kalau datang) hanya sebentar. Kalau ibu di Kalimantan menjadi penyanyi dan enggak pernah ke sini," Ujar Nabila kepada detikcom, belum lama ini.

Dalam sepekan Nabila bisa mengumpulkan Rp 35 ribu hingga Rp 50 ribu dari hasil memulung sepulang sekolah, terkadang Nabila mendapatkan makanan dan pakaian dari tetangganya yang iba.

Suatu ketika Nabila berhasil mengumpulkan Rp 80 ribu, kemudian hasilnya Nabila belikan sepatu sekolah seharga Rp 60 ribu, dan sisanya Rp 20 ribu diberikan pada kakek-neneknya.

Namun ketika sedang berada disekolah, Sabtu (06/04/2019) pada jam ekstrakulikuler, Nabila yang tengah mengepel ruangan kelas, melihat sepatunya dengan cara tidak sengaja di duduki oleh teman sekelasnya, sontak Nabila marah kepada teman-temannya yang malah merundungnya balik, kejadian itu terekam kamera ponsel.

Pada 6 April 2019 seorang temannya menduduki sepatu milik Nabila. Ia marah kepada teman-temannya yang malah merundungnya balik, kejadian itu terekam oleh kamera ponsel.

"Sepatu aku didudukin teman, ya aku marah (karena beli dari hasil memulung), aku enggak ingin diganti (sepatunya), cuma ingin teman minta maaf, itu aja," Ujar Nabila.

Sepatu Nabila
Sementara itu, nenek Nabila Ira (60) mengatakan, bahwa yang membuat cucunya marah bukan dari sepatunya yang rusak, tapi dari hasil kerja kerasnya untuk mendapatkan sesuatu, Nabila dengan ikhlas melepaskan waktu bermainnya dengan melakukan pekerjaan sebagai pemulung.

“Mungkin bukan karena sepatunya yang rusak, tapi Nabila merasa sepatu itu di beli dengan hasil keringatnya sendiri, sepatu itu dibeli seharga Rp 60 ribu oleh Nabila setelah memulung rongsokan, dia dapat Rp 80 ribu, yang Rp 20 ribu diberikan kepada kami," Tuturnya saat di jumpai di kediamannya di Kampung Cibodas, Ds Pangauban, Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Rabu (17/4/2019).

Reaksi Nabila dan kisahnya yang berjuang keras menjadi tulang punggung keluarga lewat memulung, memicu empati dari warganet untuk berbondong-bondong memberikan sepatu dan bantuan lain kepadanya.

"Alhamdulillah, banyak yang datang membantu. Tak hanya sepatu tapi juga yang lainnya," ucapnya.      

Dua minggu kemudian, seseorang menyebarkan video tersebut di media sosial, reaksi Nabila dan tuturan soal kehidupannya membuat warga dan komunitas berempati, banjir bantuan pun datang menghampiri.

Salah satu akun donasi terbuka di kitabisa.com, Ahmad Suhendar, berhasil mengumpulkan Rp 378.235.618 dari 5.847 donatur.

Sejumlah pejabat wilayah berdatangan menemui Nabila, berbagai komunitas tergerak untuk memberikan bantuan bagi Nabila.

Senyum Nabila Yang Kembali Hadir Setelah Nitizen Memberikannya Dukungan
Satu yang paling menyita perhatian adalah artis layar lebar, Susan Sameh. Kehadirannya membuat warga sekitar penasaran. "Sabar dan kamu harus kuat ya sayang," ujar Susan kepada Nabila.

Senyum Nabila kini kembali merekah, tangisannya di dalam video berubah jadi kebahagiaan lewat kepedulian yang datang.

"Rencananya bantuan ini akan digunakan untuk masa depan, alhamdulillah terima kasih untuk semuanya," ujar Cece, kakek Nabila saat ditemui detikcom, belum lama ini.


(DN)


Sumber : detiknews.com