Gasak Duit Puluhan Juta, 4 Pelaku Penipuan Berhasil di Tangkap

4 Pelaku Penipuan Berhasi di Tangkap Polsek Bawet
Lensanews (Bandung) – Petugas kepolisian Polsek Bawet, Bandung, berhasil menangkap kawanan pelaku penipuan dengan menggunakan modus tukar ATM, para pelaku berjumlah 4 orang yang mengaku sebagai pengusaha untuk menggasak uang korban yang nilainya hingga puluhan juta rupiah.

Para pelaku tersebut diketahui berinisial DM (29), AR (30), MS (28) dan AD (32), 4 orang pelaku di tangkap setelah menguras isi ATM milik pelapor bernama YS warga Surabaya.

"Setiap beraksi mereka selalu menggasak puluhan juta, korban terakhirnya saja (YS) isi ATM-nya digasak sampai Rp 70 juta," ucap Kapolsek Bandung Wetan Kompol Budi Triyono di Mapolsek Bawet, Jalan Cihapit, Kota Bandung, Sabtu (06/04/2019).

Kasus ini berawal saat komplotan tersebut beraksi di depan salah satu hotel di Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung, pada Sabtu (23/03/2019) lalu, korban yang saat itu tengah duduk di depan hotel, dihampiri oleh pelaku DM.

DM lantas mengajak korban berbincang soal bisnis, di tengah-tengah perbincangan muncul pelaku lain MS, MS saat itu 'mengganggu' perbincangan dengan menanyakan kepada DM toko penjual alat elektronik.

DM menimpali dengan mengarahkan MS ke pusat penjualan elektronik di Jalan Purnawarman, MS yang mengaku-ngaku sebagai warga negara Brunei Darussalam tak tahu arah jalan, sehingga DM menawarkan untuk diantar menggunakan mobil yang di dalamnya sudah ada AR dan AD.

Korban saat itu diajak akhirnya masuk jebakan para pelaku, di dalam mobil DM mengaku sebagai distributor ponsel, sementara MS mengaku ingin membeli ponsel model baru sebanyak 150 unit, gayung bersambut, MS akhirnya membeli unit ponsel kepada DM.

"Tetapi pelaku MS ini tidak bisa membayar karena uangnya masih pecahan mata uang Brunei, sehingga dia meminta ikut mentransfer kepada korban dengan iming-iming diberi 15 persen keuntungan saat uang dikembalikan," Lanjutnya.

Singkat cerita, korban terbujuk rayuan si pelaku dan lantas pergi menuju sebuah gerai ATM, ketika sampai di gerai pelaku MS menunjukan jumlah saldo Rp 1 miliar.

"Tapi saldo itu ada minusnya, cuma ditutupi minusnya oleh pelaku sehingga kelihatannya Rp 1 miliar," Katanya.

Korban semakin percaya dan diminta pelaku untuk mengecek saldo ATM miliknya, korban nurut hingga akhirnya pelaku mengetahui nomor pin ATM korban, kemudian pelaku DM mengalihkan perhatian dengan mengajak ngobrol korban, di situlah pelaku MS mulai menukarkan kartu ATM korban,  setelah berhasil menukar, korban dibawa kembali ke lokasi semula di depan hotel.

"Korban diturunkan lagi di depan hotel yang sama, saat itu korban baru menyadari kalau dia sudah ditipu dan melaporkan kepada kami," Tambahnya.

Polisi lantas bergerak dan langsung ke TKP untuk mengecek CCTV di area hotel hingga akhirnya dapat meringkus para pelaku, dari pengakuannya para pelaku sudah beraksi sebanyak 4 kali di Bandung, dua kali di wilayah Bawet dan dua lainnya di wilayah Sumur Bandung.

(DN)




Sumber : detiknews.com