Tiga Pelaku Pencuri Rumsong di Tangkap Polresta Depok

AKBP Arya Pradana
Lensanews.id (Depok) – Tiga pelaku spesialis kawanan pencuri rumah kosong di tangkap anggota buser Polresta Depok, Kamis (28/03/2019), saat ini ke tiga pelaku diamankan, salah satu diantara mereka yang menjadi dalang dalam aksi pencurian terpaksa di tembak lantaran mencoba melakukan perlawanan terhadap petugas.

Dari penangkapan yang di pimpin oleh Kanit Buser Iptu Suparno, ke tiga pelaku diketahui berinisial T (29), otak pelaku, DF alias Duwok (26), dan penadah J alias Adit di rumahnya masing-masing di kawasan Depok.

Wakapolresta Depok AKBP Arya Pradana mengatakan, Ketiga pelaku berhasil ditangkap setelah petugas Reskrim Polsek Cimanggis mendapatkan laporan dari korban bernama Wahid Hasyim yang rumahnya telah dibobol maling, di Jalan Cakung No.8 B RT.006/002, Leuwinanggung, Tapos, Minggu (17/03/2019) sekitar pukul 20.00 WIB.
“Anggota langsung menindaklanjuti laporan tersebut, keberadaan para pelaku diketahui, termasuk penadah hasil curian, satu-persatu pelaku berhasil di tangkap dikediamannya masing-masing,” Ujarnya.

Untuk pelaku T alias Jon terpaksa di tembak kakinya dengan timah panah pada betis bagian kanan, karena mencoba kabur saat akan dilakukan penangkapan, dan ketiga pelaku tidak mempunyai pekerjaan.
“Untuk pelaku T alias Jon dilumpuhkan dengan timah panas di betis kaki kanan, lantaran mencoba kabur saat akan ditangkap,” Tambahnya.

Dirinya menjelaskan, modus pelaku untuk masuk kedalam rumah dengan cara mencongkel pintu jendela menggunakan obeng.

“Para pelaku mengambil barang-barang yang mudah diambil saja seperti handphone dan laptop, aksi serupa telah dilakukan pelaku sebanyak tiga kali di daerah Depok,” Sambungnya.

Dan dari hasil kejahatan yang sudah diperoleh pelaku, digunakan untuk membeli motor sport Honda CBR seharga Rp 70 juta.

“Barang bukti motor Honda CBR sport 250 Cc merah baru dibeli cash seharga Rp 70 juta ini dari hasil barang yang telah dicuri pelaku,” Jelasnya.

Selain itu barang bukti lainnya, dua buah linggis sepuluh HP berbagai merek, sepuluh lembar uang dolar nominal 1 dollar, dan motor Honda Beat buat mencari sasaran lokas atau rumah yang akan dibobol.

“Kedua pelaku T dan DF kita kenakan Pasal 363 KUHP tentang pencurian pemberatan ancaman pidana diatas lima tahun, sedangkan bagi penadahnya itu di jerat dengan pasal 480 dan ancamanya tiga tahun pidana,” Pungkasnya.

(PMJ)




Sumber : poldametrojaya