Para Orang Tua Siswa Resah Gedung Sekolah SDN II Kampung Sawah Nyaris Ambruk, Pemerintah Tutup Mata

Lensanews.id (Karawang) - Program Kementrian Pendidikan yang mencanangkan program kegiatan rehabilitasi gedung sekolah dari tahun 2013 lalu dengan tujuan pada tahun 2014 sudah tidak ada lagi gedung sekolah di Indonesia yang rusak ternyata belum bisa dikatakan berhasil di Kabupaten Karawang ini. Pasalnya hingga memasuki tahun 2019 saat ini masih banyak gedung-gedung sekolah yang rusak, salah satunya Sekolah Dasar Negri (SDN) Kampung Sawah II, Kecamatan Jayakerta.

Terpantau di lapangan masih banyaknya Sekolah Dasar tersebut merusak pandangan mata dengan tembok gedung yang retak dan pecah serta atap genting bangunan sudah menjulur kebawah tidak rata seperti bangunan atap genting pada umumnya, kemudian ketika memasuki salah satu ruang kelas jelas terlihat rusaknya atap platfon, yang senantisa sangat membahayakan kepada para siswa, kayu kayunya keropos dan berantakan.

Seperti diungkapkan Warsih, Warga Kampung Sawah, para orang tua siswa yang khawatir kepada anak anaknya berharap agar Disdikpora segera cros cek ke lokasi jangan sampai setelah ambruk atau setelah ada yang korban baru ribut saling lempar tanggungjawab.

"Kami sebagai orang tua siswa tentunya resah dengan keadaan sekolah yang sangat memprihatinkan seperti ini, dan sangat berharap segera di perhatikan dalam hal pembangunanya, " ungkap Warsih saat ngatar anaknya sekolah Rabu (6/3/2019).

Menurut salah seorang Guru Honor Endang, Gedung tersebut belum pernah tersentuh oleh program rehab sudah puluhan tahun, sedangkan mau digunakan juga khawatir runtuh dan sangat membahayakan kepada para siswa.

"Gedung 3 lokal ini tidak dipakai sudah dua tahun yang lalu, terpaksa memakai ruangan Guru di bagi dua dan dua ruangan kelas di bagi dua sekolah disini tidak bisa sip, sebab sorenya para siswa ngaji, ya kalau pengajuan sudah beberapa kali namun sampai saat ini belum ada realisasinya, " ungkap Endang.

Menurutnya, Jika dalam tahun ini bantuan rehabilitasi gedung SDN ini tertunda terlalu lama, tentunya bangunan gedung sekolah yang rusak parah ini di khawatirkan dapat mebahayakan keselamatan siswa - siswi yang sedang melakukan aktifitas kegiatan belajar mengajar di sekolah.

"Untuk itu pihak sekolah berharap kepada Pemerintah Kabupaten Karawang agar bantuan rehabilitasi gedung sekolah SDN Kampung Sawah II ini bisa segera terlaksana demi kenyamanan dan keamanan siswa-siswi dalam melakukan aktifitas kegiatan belajar mengajar, sehingga proses belajar mengajar ini bisa lebih efektif lagi," tambahnya.

Sebelumnya menurut  kepala sekolah SDN ll Kampung Sawah, Soleh, membenarkan Gedung sekolahan tersebut sudah rusak parah, hanya dirinya menjadi kepala sekolah di SDN Kampung Sawah II tersebut baru sebulan.


"Saya disini baru beberapa bulan, memang kelas I, Kelas 2, dan kelas 4 kelasnya di satukan dan ini sudah lama, kalau di sip parabh orang tuanya pada tidak mau karena sorenya, " tandasnya.(Cr30/Red)