Masjid Dikotori dan Kitab Dibuang Kesumur Oleh Orang Misterius

Masjid Daarussalam Yang Di Acak-acak Orang Yang Tidak Dikenal
Lensanews.id (Banyumas) – Perbuatan yang sangat tidak wajar dilakukan oleh orang tidak dikenal terjadi di Masjid dan TPA Daarussalam, Desa Buniayu, kecamatan Tambak, Kabupaten Banyumas, keadaan Masjid Daarussalam terlihat acak-acakan, sedangkan banyak Kitab yang berada di TPA Daarussalam berhamburan bahkan ada yang dibuang kedalam sumur.

Sekretaris Desa Buniayu Agus Supriadi mengatakan, dirinya langsung datang kelokasi setelah menerima laporan dari unsur wilayahnya, dan melihat Masjid Daarussalam dalam keadaan kotor, bersamaan dengan TPA yang kondisinya acak-acakan, terlebih banyak Kitab suci Alqur’an yang berhamburan,serta ada yang dibuang kesumur.

"Kita dapat laporan dari unsur wilayah telah terjadi beberapa perusakan di tempat ibadah, kami langsung cek lokasi, yang pertama itu di taman pendidikan Alquran (TPA) Daarussalam, di mana setelah kita cek di sana kita lihat secara langsung bahwa kitab suci Alquran dan tempat ibadah dikotori dan sebagian Alquran dibuang ke sumur. Kita tidak tahu karena campur dengan karpet dan meja-meja," Ujarnya kepada wartawan, Kamis (21/03/2019).

Dirinya menambahkan, bukan hanya Masjid disini saja yang menjadi sasaran pengrusakan, dibeberapa tempat mengalami hal yang sama, perbuatan yang serupa dilakukan oleh orang yang sampai detik ini masih misterius, menurutnya pelaku melakukan aksinya pada dinihari sekitar pukul 02.30-04.00 WIB.

Sementara itu, Kepala Bidang Humas Polda Jawa Tengah, Komisaris Besar Polisi Agus Triatmaja, membenarkan ihwal kasus perusakan di kompleks Masjid Daarussalam, dan saat ini pihaknya di Polres Banyumas masih menyelidiki kasus tersebut.

"Sudah dilaporkan ke Polsek Tambak pagi tadi pukul setengah delapan, masih diselidiki oleh kepolisian," Kata Kombes Pol Agus Triatmaja, saat dikonfirmasi di Semarang.

Saat peristiwa itu dilaporkan ke Polsek Tambak, hari itu juga polisi mendapati laporan serupa yakni terjadi perusakan kebun milik Kyai Dailami Yusuf selakuk Ponpes Miftahul Falah. Kebun durian dan pohon-pohonan lain itu dirusak orang tak dikenal dengan senjata tajam.

“Pengrusakan tempat ibadah diketahui oleh warga pukul 04.20 WIB, selain di Masjid Jami' Darussalam, perusakan juga terjadi di 5 lokasi lain di RT 05/02 Desa Biniayu, lokasi tersebut yakni halaman rumah warga bernama Darsimin, kebun milik Kyai Dailami Yusuf, belakang Ponpes Miftahul Falah, (milik Kyai Dailami Yusuf), TPA Darussalam dan rumah takmir Masjid Jami’ Darussalam,” Tambahnya.


Petugas dari kepolisian telah mendatangi dan melakukan tempat kejadian perkara (TKP), dan menerjunkan tim identifikasi dari Polres Banyumas, serta memeriksa sejumlah saksi untuk mengurutkan kronologi detail perusakan misterius di kawasan tempat ibadah itu.

"Kami amankan barang bukti berupa batu, sepasang sandal jepit, sampel tanah dan fiting lampu (dudukan lampu) warna putih, " katanya.

(DN)


Sumber : DetikNews