Kritikan Rizal Ramli Untuk Gubernur Jawa Barat Yang Sibuk Kampanye

Rizal Ramli (Ekonom Senior)
Lensanews.id (Bandung) - Ekonom senior Rizal Ramli mengkritik kinerja Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang dianggap lebih sibuk berkampanye salah satu pasangan calon pilpres 2019 dibandingkan melakukan pembangunan bagi warga Jabar.

Menurutnya, Ridwan Kamil punya tugas utama yakni melakukan pengentasan kemiskinan khususnya di wilayah Jabar bagian selatan.

"Dia dipilih warga Jabar untuk memimpin dan membereskan Jabar, jangan kepentingan berkampanye," ujarnya di Bandung, Selasa (12/03/2019).

Sejak dilantik menjadi gubernur, Rizal melihat belum ada langkah konkret yang dilakukan Ridwan Kamil dalam menangani persoalan di Jabar terutama strategi/blueprint lima tahun ke depan.

Padahal, hal tersebut sangat penting untuk keberlangsungan pembangunan di wilayah Jabar terutama untuk menopang perekonomian agar merata.

"Uang berputar di Jabodetabek 70%. Jabar itu dekat dengan ibu kota (Jakarta). Hal ini yang harus ditangkap peluangnya," katanya.

Dia menyontohkan, bila Jabar bisa mengakselerasi pembangunan di utara misalnya, bisa menjadi pintu masuk arus barang industri yang datang. Misalnya, dari Kalimantan, sebagian Sumatra, serta Lampung.

"Di Jawa Timur saja disebut pembangunan bagian Indonesia Timur. Masak Jabar tidak bisa," katanya.


(AB)



Sumber : AyoBandung