Cuaca Tidak Menentu, Tangkapan Ikan Nelayan Terus Menurun

TIDAK MELAUT akibat cuaca tidak menentu hampir sepekan nelayan mengalami penurunan pendapatan.


Lensanews.id (Karawang) – Cuaca tidak menentu yang terjadi di Kabupaten Karawang beberapa waktu terakhir ini membuat sejumlah Nelayan di Utara Karawang terpaksa tidak melaut untuk mencari ikan.

Menurut Keterangan para nelayan di Desa Ciparage Jaya, Kecamatan Tempuran, Karawang, Sutarjo mengatakan, pihaknya sudah tiga hari tidak melaut untuk mencari tangkapan ikan pasalnya, kondisi cuaca yang tidak menentu membuat ikan sulit dicari.

“Selama tiga hari terakhir ini saya hanya dirumah, karena kondisi cuacanya tidak menentu kadang angin kencang dan kadang tenang, sehingga memutuskan untuk tidak melaut,” ujar Suratjo ketika ditemui dikapalnya saat hendak kembali melaut untuk mencari tangkapan ikan, Jumat (08/03/2019).  

Hal senada juga diungkapkan oleh nelayan lainnya Ipung (30) mengaku, pihaknya sudah satu bulan ini mengalami penurunan pendapatan tangkapan ikan akibat cuaca tidak menentu. Dimana sebelumnya perbulan pihaknya bisa mendapatkan hasil dari tangkapan ikan itu sebesar Rp 3 juta per sekali melaut, kini pendapatannya hanya Rp300 ribu sampai dengan Rp400 ribu per sekali melaut.

“Hasilnya dengan kondisi demikian untuk mencukupi kebutuhan dapur dan biyaya melaut terpaksa harus pinjam kepada orang lain bahkan kepada Bank Emok (Bank Suasta,red),” ujar Ipung sembari meperbaiki perahunya.

Ipung juga berharap kepada pemerintah untuk bisa menyediakan solusi bagi para nelayan disaat kondisi tangkapan ikan menurun, dengan cara membuatkan simpan pinjam dengan bunga yang sangat ringan dan tidak mebebankan kepada nelayan kecil khusunya.

“Sekarang ini kalau pinjam uang pasti bunganya gede dan mebebankan, saya harap kedepannya pemerintah Karawang bisa mengatasi masalah ini. Sehingga tidak ada lagi nelayan yang terlilit rentenir dikala tangkapan ikan menurun,” Pungkasnya.(Red)