Tips Agar Cepat Hamil



Apakah Anda sedang menantikan kehamilan? Ya, terkadang memang Anda perlu berusaha lebih untuk mencapai kehamilan. Untuk bisa hamil dengan cepat, tentu Anda harus berada di waktu yang tepat di mana terdapat telur dan sperma sehingga terjadi pembuahan. Berikut ini merupakan beberapa cara cepat hamil.



Tips agar cepat hamil

1. Lepaskan alat kontrasepsi Anda

Jika Anda sebelumnya menggunakan alat kontrasepsi, sebaiknya segera lepaskan alat kontrasepsi Anda. Setelah Anda melepaskan alat kontrasepsi mungkin Anda bisa langsung hamil setelah melakukan hubungan seksual di waktu yang tepat.
Namun, beberapa alat kontrasepsi membutuhkan waktu berminggu-minggu sampai berbulan-bulan setelah dilepaskan untuk mengembalikan kesuburan Anda. Misalnya, Anda harus menghentikan suntikan Depo-Provera yang mengandung hormon progesteron sekitar 9 bulan sebelum Anda merencanakan kehamilan Anda.

2. Periksakan kondisi kesehatan ke dokter

Anda dapat berkunjung ke dokter Anda bersama pasangan Anda untuk merencanakan kehamilan Anda. Dokter mungkin akan memeriksa kondisi tubuh Anda dan membantu melacak kapan masa subur Anda, sehingga Anda dapat melakukan hubungan intim di waktu yang tepat sebagai tips cepat hamil yang bisa Anda lakukan.
Dokter juga dapat membantu Anda mempersiapkan tubuh Anda untuk kehamilan yang sehat, misalnya saja dengan menyarankan untuk mengonsumsi makanan sehat atau suplemen tertentu (seperti asam folat).

3. Mengetahui kapan masa subur

Ini merupakan hal yang sangat penting dalam merencanakan kehamilan. Tanpa mengetahui masa subur Anda, Anda akan lebih sulit untuk hamil walaupun Anda sudah sering melakukan hubungan intim. Anda harus mengetahui kapan telur dilepaskan dalam tubuh wanita.
Ingat, pelepasan telur normalnya terjadi satu kali dalam sebulan dan masa subur Anda hanya terjadi selama beberapa hari, sehingga sebaiknya Anda tidak melewatkan kesempatan ini sebagai cara cepat hamil setelah haid yang bisa Anda coba.
Masa subur adalah waktu terbaik untuk melakukan hubungan intim agar cara cepat hamil setelah haid berhasil. Anda bisa mengetahui masa subur Anda dengan mencatat kapan saja waktu Anda menstruasi setiap bulan.
Selain itu, tubuh Anda juga akan menunjukkan tanda-tanda jika telur akan dilepaskan. Anda bisa mengetahui lebih lanjut kapan masa subur datang dengan menggunakan kalkulator masa subur ini.

4. Lakukan hubungan intim di waktu yang tepat


Selain mengetahui kapan masa subur Anda sebagai cara cepat hamil setelah haid,  Anda juga harus mengetahui kapan telur dilepaskan oleh tubuh wanita, Anda dapat melakukan hubungan seksual setiap hari untuk memperbesar kesempatan Anda untuk hamil.
Namun, sebaiknya juga jangan terlalu sering melakukan hubungan seksual dalam sehari karena ini tentu dapat menyakitkan. Anda bisa mulai berhubungan seksual selama masa paling subur Anda, biasanya sekitar 3 hari sebelum telur wanita dilepaskan.
Ingat, sperma dapat bertahan hidup 3-6 hari dalam tubuh wanita, sedangkan telur hanya mampu bertahan hidup sehari.

5. Lakukan hal ini saat melakukan hubungan intim

Beberapa hal yang dilakukan saat berhubungan seksual mungkin dapat membantu keberhasilan cara cepat hamil.

Lakukan hubungan seksual sebelum tidur

Walaupun beberapa sumber mengatakan bahwa produksi sperma tertinggi berada pada pagi hari, tapi sebenarnya tidak ada waktu yang paling baik dalam sehari untuk berhubungan seksual. Anda bisa melakukannya kapan saja, namun sebaiknya lakukan sebelum tidur, sehingga Anda dapat berbaring setelah berhubungan seksual.

Temukan posisi berhubungan seksual yang nyaman

Mungkin Anda pernah mendengar beberapa posisi berhubungan seksual adalah posisi terbaik dari bagian tips cepat hamil. Namun, semua ini boleh Anda percaya atau tidak. Sebetulnya, tidak ada posisi pasti sebagai salah satu cara cepat hamil. Hal yang terpenting adalah Anda menemukan satu posisi paling nyaman saat Anda berhubungan seksual dengan pasangan Anda.

6. Jaga kualitas dan kuantitas sperma pria

Sperma dapat membuahi telur wanita dengan baik saat sperma berada dalam kualitas yang sehat, kuat, dan memiliki jumlah yang banyak. Para suami dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas spermanya dengan melakukan cara ini:
  • Mengurangi konsumsi alkohol. Penelitian menunjukkan bahwa minum alkohol setiap hari dapat menurunkan kadar testosteron dan jumlah sperma, serta meningkatkan jumlah sperma yang abnormal.
  • Berhenti merokok. Merokok dapat menurunkan kinerja sperma.
  • Pertahankan berat badan normal. Obesitas dapat menurunkan jumlah sperma dan memperlambat gerak sperma.
  • Cukupi kebutuhan nutrisi untuk membentuk sperma yang sehat. Beberapa nutrisi yang Anda butuhkan untuk menjaga kualitas dan kuantitas sperma adalah vitamin C, vitamin D, seng, asam folat, dan kalsium.
  • Jangan berendam air panas. Suhu panas dapat membunuh sperma. Testis dapat berfungsi dengan baik pada suhu 34,4-35,6°C, di bawah suhu tubuh normal.

7. Jangan terlalu stres

Jika Anda sangat ingin mempunyai anak, sebaiknya jangan terlalu stres akan hal ini. Stres justru dapat mengganggu ovulasi (pelepasan telur), sehingga Anda dapat sulit hamil karena terlalu stres.
Sebaiknya jalani hal ini dengan santai, nikmati berhubungan seksual dengan pasangan Anda dan jangan terlalu memikirkan apakah Anda berhasil hamil atau tidak.

8. Terapkan pola hidup sehat

Saat Anda dan pasangan sudah merencanakan untuk kehamilan, sebaiknya juga Anda dan pasangan mengubah pola hidup Anda ke pola hidup sehat. Makan makanan sehat dapat membantu Anda dan pasangan dalam melakukan tips cepat hamil dan juga untuk mendapatkan kehamilan yang sehat.
Olahraga yang teratur dapat membantu Anda mendapatkan berat badan ideal, sehingga dapat membantu meningkatkan kesuburan Anda. Serta, berhentilah untuk melakukan kebiasaan buruk, seperti merokok dan minum alkohol. Hal ini juga dapat membantu meningkatkan kesuburan Anda, sehingga dapat membantu cara cepat hamil yang Anda lakukan bisa berhasil.

Adakah tips cepat hamil yang dipengaruhi oleh posisi hubungan intim?

Posisi hubungan intim bisa juga bisa menentukan dan menjadi cara cepat hamil bagi Anda yang sedang berusaha. Apa pun yang berhasil membawa sperma mendekati leher rahim (atau bahkan vagina) dapat membuat Anda hamil. Tetapi, ada posisi tertentu yang diduga bekerja melawan gravitasi, sehingga bisa mencegah kemulusan sperma berenang ke rahim untuk menemui sel telur yang siap dibuahi.
Jadi, adakah posisi hubungan intim yang dianggap manjur untuk meningkatkan kesempatan Anda untuk lebih cepat hamil? Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut.

1. Misionaris

Posisi klasik misionaris, yakni pria di atas dan wanita di bawah, merupakan posisi hubungan intim yang dipercaya oleh banyak orang sebagai posisi hubungan intim terbaik sebagai salah satu cara cepat hamil setelah haid.
Teorinya, Anda bisa mendapatkan lebih banyak jumlah sperma dengan lebih banyak air mani yang dilepaskan berkat penetrasi yang lebih dalam dan lebih sering berkat bantuan gaya gravitasi. Beberapa orang bahkan menyarankan untuk menempatkan bantal di bawah pinggul saat berhubungan seks, dan menjaga kaki tetap terangkat setelah seks usai, karena dipercaya dapat meningkatkan kemampuan sperma untuk berenang mencapai rahim.
Teori ini didukung oleh sejumlah kecil penelitian seputar inseminasi intrauterine (IUI) yang menemukan bahwa menjaga posisi tubuh tetap horizontal setelah proses inseminasi dapat meningkatkan peluang kehamilan.

2. Doggy style

Masih berkaitan dengan teori penetrasi dalam, posisi doggy style (di mana Anda berlutut dan ditopang oleh kedua tangan, pasangan Anda masuk dari belakang) dipercaya memberikan penetrasi sedalam dan sebanyak posisi misionaris, atau bahkan lebih, dan memungkinkan pria untuk “menempatkan” spermanya tepat di sebelah leher rahim, yang mana itu merupakan gerbang menuju rahim Anda. Teori lain menduga jika Anda memiliki rahim terbalik (retroverted/tipped uterus), posisi ini akan lebih banyak membantu Anda.
Dilansir dari Baby Center, hasil MRI scan dari posisi seks ini mengkonfirmasi bahwa ujung penis mencapai ruangan antara leher rahim dan dinding vagin, ini juga sama terjadi dengan posisi misionaris. Posisi misionaris memastikan penis mencapai ruangan dari depan serviks, sedangkan osisi doggy style mencapai ruangan tersebut dari belakang leher rahim.

3. Woman-on-top

Teorinya, posisi wanita di atas justru melawan gravitasi, yang dipercaya dapat memperlambat laju renang sperma. Tapi, beberapa ahli mengatakan bahwa mungkin hal ini tidak akan jadi masalah besar, karena pada dasarnya sperma adalah perenang super cepat. Plus, untuk beberapa wanita, woman-on-top adalah posisi yang paling menggairahkan, dan sebenarnya gairah bisa menjadi aspek seks yang paling penting untuk pembuahan yang sukses.
“Kami memberi tahu pasien kami bahwa posisi terbaik untuk pembuahan adalah yang paling nyaman untuk wanita,” kata Allison Hill, MD, dokter kandungan asal Los Angeles, dilansir dari The Bump. Posisi woman-on-top memungkinkan wanita mengalami tambahan rangsangan yang dipercaya baik untuk menciptakan kehamilan.

Supaya cepat hamil, posisi seks bukanlah faktor penentu satu-satunya

Namun, sampai saat ini penelitian yang mempelajari kaitan antara posisi seks dan peluang hamil untuk mendukung semua teori di atas masih sangat terbatas. Lagipula, mencoba hamil bukan hanya soal posisi seks. Melakukan segenap cara dalam berhubungan intim sebagai tips cepat hamil sebagian besar tergantung pada kondisi kesehatan Anda dan pasangan juga.
Sementara itu, nikmati variasi dalam kehidupan seks Anda dan buat seks selalu menjadi aktivitas menyenangkan saat Anda sedang mencoba untuk hamil. Saat pasangan sedang mencoba hamil, stres fisik dan mental demi keinginan sukses hamil akan menghapus gairah dan spontanitas dari seks — membuatnya menjadi seperti pekerjaan rumah yang harus diselesaikan, berujung pada stres tambahan.
Ada penelitian yang mengatakan bahwa semakin Anda menikmati seks, semakin subur Anda untuk memungkinkan sukses hamil. Jadi tips cepat hamil yang bisa dan wajib Anda lakukan adalah bercintalah sesenang dan sebahagia mungkin, jangan jadikan hubungan intim sebagai beban agar Anda hamil.
Selain itu, hal remeh namun teknis seperti membersihkan vagina setelah seks dengan douche juga akan mempengaruhi keberhasilan Anda untuk hamil. Douching mengubah keseimbangan pH vagina dan sperma membutuhkan lingkungan dalam vagina yang seimbang untuk bisa bertahan hidup.
Lalu, jika Anda melakukan vaginal douche, Anda membilas lendir leher rahim yang berfungsi memudahkan kemulusan jalan untuk sperma berenang lebih cepat ke dalam rahim dan membuahi sel telur Anda.

Perhatikan Juga asupan makanan yang sehat sebagai cara cepat hamil

Selain beberapa tips cepat hamil di atas, asupan makanan yang Anda makan juga bisa memengaruhi kesuburan Anda, bahkan bisa menentukan kondisi kehamilan Anda nantinya. Maka itu, sangat penting untuk mengubah pola makan yang kurang baik dengan memilih makanan yang tepat. Begini cara memilih makanan agar cepat hamil:

1. Memilih jenis karbohidrat yang tepat

Setelah tahu jumlah kalori yang dibutuhkan, tugas Anda selanjutnya adalah memilih makanan yang tepat. Memilih makanan agar cepat hamil sebenarnya tidak sulit. Anda bisa memulainya dari memilih karbohidrat sebagai makanan utama yang biasa Anda makan sehari-hari. Baiknya pilih karbohidrat yang punya indeks glikemik rendah dan berserat tinggi, contohnya seperti nasi merah atau roti gandum.
Jenis karbohidrat seperti ini akan membantu Anda menstabilkan gula darah dan menjaga kadar insulin tetap normal. Jika Anda memilih karbohidrat yang punya indeks glikemik yang tinggi, maka gula darah akan mudah meningkat dan akhirnya kadar insulin tidak normal.
Terlalu banyak jumlah insulin di dalam tubuh akan mengganggu kerja hormon-hormon lainnya, sehingga bisa menurunkan kesuburan.

2. Perbanyak protein dari nabati

Contoh protein nabati adalah kacang-kacangan dan biji-bijian. Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa mengganti protein hewani dengan protein tumbuhan dapat mengurangi 50 persen risiko ketidaksuburan. Jadi, jangan terus-terusan makan protein hewani saja, tapi pastikan bila dalam menu makanan Anda selalu ada protein nabati.

3. Makan berlemak tidak apa, asal yang sehat



Banyak orang yang menyingkirkan makanan berlemak ketika ia sedang melakukan program hamil. Sebenarnya, lemak adalah makanan yang dibutuhkan untuk meningkatkan kesuburan.
Pada dasarnya, lemak berperan penting dalam pembentukan hormon-hormon di dalam tubuh. Jika jumlah lemak terlalu sedikit, maka sudah pasti hormon Anda akan mengalami gangguan.
Meski begitu, Anda harus pilih-pilih makanan berlemak yang tepat. Pilihlah makanan yang punya kandungan lemak baik, seperti lemak tidak jenuh dan omega 3. Contohnya seperti alpukat dan berbagai jenis ikan.

4. Susu skim belum tentu baik bagi Anda yang ingin cepat hamil

Banyak yang bilang kalau susu skim lebih sehat karena tidak ada kandungan lemak di dalamnya. Akan tetapi, Anda sebaiknya menghindari susu skim dan kembali beralih ke susu murni jika ingin cepat hamil.
Penelitian telah menemukan bahwa perempuan yang mengonsumsi satu gelas susu murni setiap harinya dapat lebih mudah hamil dibandingkan dengan mereka yang tidak minum susu murni atau yang minum susu rendah lemak.
Susu murni mengandung hormon yang larut dalam lemak, yang penting bagi kesuburan. Hormon-hormon ini hilang selama proses skimming. Campuran hormon di dalam susu murni dapat meningkatkan kesuburan wanita yang meminumnya dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi susu skim.

5. Mengonsumsi suplemen multivitamin

Terkadang, Anda membutuhkan suplemen yang mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral agar kebutuhan harian tercukupi dengan baik. Salah satu suplemen yang baik dikonsumsi bagi Anda yang ingin cepat hamil adalah asam folat serta zat besi, yang dibutuhkan ketika proses pembuahan.
Asam folat juga sangat penting selama periode prenatal dini untuk mencegah cacat lahir pada otak dan sumsum tulang belakang. Mengonsumsi vitamin prenatal dapat meningkatan kesuburan pada wanita, dan mengonsumsi suplemen multivitamin atau mineral setiap hari dapat meningkatkan jumlah sperma pada pria.
Namun, untuk mengetahui suplemen yang tepat bagi Anda, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter Anda.

6. Menghindari makanan yang mengandung listeria

Listeria adalah bakteri berbahaya yang terdapat pada daging yang siap dimakan, keju lunak, dan produk susu yang tidak dipasteurisasi. Dibandingkan orang dewasa yang sehat, wanita hamil berkemungkinan 20 kali lebih besar untuk jatuh sakit akibat mengonsumsi makanan yang mengandung listeria.
Bagi Anda yang berusaha untuk hamil juga harus waspada karena listeriosis (infeksi yang disebabkan oleh listeria) dapat menyebabkan keguguran di awal trimester pertama, bahkan mungkin sebelum Anda tahu bahwa Anda sedang hamil.

7. Jangan lupa makan sayur dan buah setiap hari

Sumber vitamin dan mineral yang terbaik adalah buah serta sayuran. Buah-buahan dan sayuran tidak hanya memiliki kekayaan vitamin dan mineral, mereka juga berlimpah dengan mikronutrien pembasmi radikal bebas, seperti fitokimia dan antioksidan.
Radikal bebas adalah molekul berbahaya yang menyelinap ke dalam tubuh melalui segala sesuatu, dapat berasal dari sinar matahari sampai knalpot mobil, dan dapat merusak ovum, sperma, dan organ reproduksi. (net/red)