Kabar Baik Tentang Pembuatan E-KTP, Ini Kata Kadis Dukcatpil Kabupaten Karawang


   Yudi Yudiawan ( Kepala Dinas Kependudukan dan pencatatan sipil ) Kab. Karawang

Lensanews.id (Karawang) – Menanggapi keluhan dari salah seorang warga, terkait pembuatan E-KTP yang hingga sekarang belum ada titik terang, Kepala Dinas (Kadis) Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karawang Yudi Yudiawan, langsung mengambil respon dari keluhan tersebut.
 Dirinya mengatakan bahwa, pembuatan cetak E-KTP yang sekarang sedang dalam proses dan kalau tidak ada halangan, beberapa hari kedepan masyarakat sudah bisa mengambil di masing-masing Kecamatan yang sudah di tentukan.
“Insya Allaah kalau tidak ada halangan hari Kamis sudah bisa di ambil, untuk Kecamatan Tirtajaya, Telukjambe Barat, Rawamerta, Jati Sari, Cikampek, Telukjambe Timur, itu yang kita buat sekarang,” Ujarnya kepada Lensanews.id, Senin (04/02/2019)
Masyarakat tidak perlu khawatir, karena pihaknya akan berusaha untuk menyelesaikan semua pembuatan cetak E-KTP dan di minta untuk bersabar, karena pembuatannya memang harus bertahap, tidak sekaligus. “Dan Insya Allaah akan kita selesaikan semua dan memang pembuatannya bertahap,” sambungnya.
Dirinya juga memberikan informasi, ada 8 Kecamatan yang sudah selesai dalam pembuatan E-KTP, dan bagi masyarakat yang berada di kecamatan tersebut bisa mengambilnya. “Untuk tahap kemarin 8 kecamatan, Kecamatan Pangkalan, Cilamaya Kulon, Tegal Waru, Cilebar, Cibuaya, Lemah Abang, Banyur Sari, Tirta Mulya, itu sudah selesai, silahkan bagi masyarakat Karawang yang sudah mengajukan pembuatan E-KTP bisa di ambil di Kecamatan masing-masing,” jelasnya.
Selanjutnya, kalau keterlambatan cetak itu bukan disebabkan oleh pembatasan atau tidak adanya Blanko, tetapi ada hal yang lain seperti pembuatan cetaknya harus bertahap dan tidak mungkin sekaligus.
“Untuk blanko ada, sedang bertahap cetak, kan tidak mungkin semuanya 30 kecamatan, dan kita bertahap untuk mencetaknya, masyarakat di mohon bersabar,” tambahnya.
Terkait dengan adanya  pembuatan E-KTP tahap 1 dan tahap 2, dirinya membantah bahwa hal tersebut sangat tidak benar, namun pihaknya akan mencetak E-KTP untuk yang 1 tahun atau lebih, dan bagi masyarakat yang mengajukan pembuatan EKTP pada Bulan Januari akan di tampung dahulu, selanjutnya akan di cetak
”Bukan begitu,  jadi kita akan menyelesaikan sampai 2018 yang diutamakan, karena sudah 1 tahun lebih, dan untuk masyarakat yang mengajukan Bulan Januari akan di tampung terlebih dahulu, dan nanti kita cetak lagi,” Pungkasnya.(Din)