Jalan Dawuan Macet Parah “Kendaraan Truck Over Muatan Terguling”

Lensanews - Mobil Colt diesel dengan Nopol. E 9146 MF dengan muatan over kapasitas terguling dan miring dibadan jalan arah Cikampek-Karawang, tepatnya di jalan Dawuan kec. Purwasari kab. Karawang, senin, 25 pebruari 2019.

Supir truck Agus Triana ketika ditanya wartawan Radar Bharindo, mengatakan kalau dirinya sudah berusaha membawa kendaraannya dengan pelan ketika melihat didepannya ada lubang yang digenangi air, mungkin akibat lubang yang cukup dalam serta mobil truck yang bermuatan jerami pohon jagung yang melebihi kapasitas, sehingga trucknya oleng dan terbalik. Untungnya tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut, ucapnya.

Akibat kejadian ini jalan arah Karawang macet parah, aparat kepolisian dibantu warga berjibaku membersihkan muatan truck tersebut, agar truck bisa segera dievakuasi.

Lebih lanjut Agus sang sopir truck menjelaskan, kalau kejadian yang dialaminya kurang lebih jam 3 pagi.
Dia mengendarai membawa muatan tersebut dari Cirebon dengan tujuan Tanggerang, diakuinya juga saat itu dirinya sedikit mengantuk.

Aparat Polsek Purwasari yang mendapatkan adanya laporan truck terbalik dan menimbulkan kemacetan, segera bertindak dengan menurunkan muatan dan menderek mobil tersebut dengan dukungan satlantas Polres Karawang dan Dishub kab. Karawang.

Dari keterangan beberapa pengendara yang terjebak macet di lokasi tersebut, ada yang menggerutu seolah-olah kejadian ini terjadi bukan hanya kelalaian pengemudi saja, tapi ada faktor lain yaitu kondisi jalan yang buruk dan kendaaraan dengan over kapasitas muatan yang lolos dari tindakan.

kan ada DLLAJ , kan ada jembatan timbang, kenapa mobil muatannya seperti ini bisa dibiarkan melaju dijalan raya”, kalau sudah begini kan jadi merepotkan dan mengganggu semua., ungkap Hendrik (35) pengendara roda 2 yang terhambat perjalanannya karena kecelakaan tunggal tersebut.

Sementara itu aparat Kepolisian bersama anggota Dishub memberlakukan jalan lawan arus guna mengurai kemacetan.

Akhirnya kendaraan truck yang miring dibadan jalan ini berhasil dievakuasi dengan menggunakn derek dari Dishub kab. Karawang sekitar jam 08:30 dan selanjutnya di bawa ke pos polisi tol karawang timur sedangkan Agus Triana (supir) di bawa ke Polres Karawang  untuk dimintai keterangan lebih lanjut. (Men)