Dishub Karawang Bersama Satlantas Polres Karawang Gelar Operasi Gabungan


Dishub Kab Karawang saat gelar operasi gabungan.
Lensanews - Karawang – Kamis, 14 Februari 2019, 09:30 WIB, Dishub Karawang bersama Satlantas Polres Karawang yang di Pimpin  Hari (Danru Dishub) dan IPTU Ali Idrus Kanit Turjawali Polres Karawang, menggelar razia pengawasan dan ketertiban (wastib) terhadap kendaraan angkutan barang dan pengendara sepeda motor di jalan raya Pancawati, tepatnya di bunderan pancawati, Kamis (14/02/2019).

Adapun pelanggaran untuk pengemudi truk meliputi, masa uji KIR telah habis dan dimensi kendaraan panjangnya melebihi ketentuan. Yakni seperti Melebihi kapasitas angkut untuk kendaraan itu sendiri, yang dikhawatirkan menjadi pemicu terjadinya kecelakaan.

Sedangkan pelanggaran untuk pengemudi sepeda motor banyak yang terjaring melakukan pelanggaran seperti, tidak memiliki kelengkapan surat-surat kendaraannya, tidak memakai helm, kendaraan tidak di lengkapi kaca spion dan lain sebagainya.  " razia pengawasan dan ketertiban dilakukan untuk mengetahui kondisi fisik dan surat-surat kendaraan angkutan barang sekaligus membantu dalam segi penertiban kendaraan bermotor yang beroperasional di Karawang" Papar Hari, Danru Dinas Perhubungan Kabupaten Karawang yang menggelar operasi gabungan tersebut.

Ini merupakan bagian dari upaya untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalulintas. “Karena itu, kendaraan yang tidak layak jalan kami tindak tegas, Selain kondisi mesin dan fisik kabin, kelengkapan lain seperti rem, lampu, lampu sen, spion dan lainnya harus dalam kondisi normal. Ini penting karena kelengkapan tersebut juga sebagai penunjang kelancaran operasional armadanya”, lengkapnya.

Dia menghimbau kepada semua pemilik angkutan barang untuk rutin mengecek ulang kondisi fisik armadanya secara berkala. Sesuai ketentuan armada angkutan barang setiap enam bulan sekali harus melakukan uji KIR. (men)