Satu Tower Gedung Pemda 2 di Bangun Tahun 2017 ini

Potretkarawang.com - Pemerintah Kabupaten Karawang (Pemkab) melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) merampungkan mega proyek Pembangunan Gedung Tower 1 Komplek Pemda 2 sebelum akhir tahun anggaran 2017.

Kepastian tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Bidang Bangunan DPUPR, , saat ditemui awak media di ruang kerjanya, .

"Tahun anggaran sebelumnya, kegiatan pembangunan gedung tower pemda 2 tahap pertama dilaksanakan oleh Dinas Cipta Karya, yang kini menjadi Dinas PRKP. Kini pada tahun anggaran berjalan, pembagunan gedung tower ini dilakukan oleh Dinas PUPR. Namun perlu diketahui, untuk realisasi pembagunan tahun ini, pembangunan difokuskan pada pekerjaan arsitektur dan mekanikal elektrik, karena sebelumnya untuk pekerjaan struktur atau konstruksi sudah dilakukan pada tahun anggaran sebelumnya oleh Cipta Karya,"ungkap Kepala Bidang Bangunan DPUPR, Anyang Saehudin, ST, beberapa waktu lalu.

Pelaksanaan lanjutan pembangunan gedung tower pemda 2, jelas Anyang, Dinas PUPR memusatkan pada beberapa bidang pekerjaan diantaranya pekerjaan arsitektur, pekerjaan mekanikal, elektrikal, pekerjaan lift dan aksesoris dan pekerjaan tambahan lainnya.

"Lanjutan pekerjaan tahap lanjutan kali ini tidak fokus pada pekerjaan konstruksi atau struktur, melainkan kepada pekerjaan yang tujuannya untuk penyelesaian pembagunan gedung. Oleh karenanya pekerjaannya seperti arsitektural yang berkaitan dengan estetika, pembangunan instalasi dan jaringan, ada pemasangan lift dan lainnya," jelas Anyang yang juga selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) kegiatan.

Menurut dia , berdasarkan kesepakatan yang tertuang di dalam kontrak kerja antara DPUPR selaku pengguna barang/jasa dengan PT. Aura Hutaka selaku penyedia barang/jasa, Gedung Tower 1 Komplek Pemda 2 harus sudah selesai dibangun sebelum akhir tahun anggaran 2017.

"Ya mereka (Aura Hutaka, red) harus menyelesaikan pekerjaan sebelum tutup tahun. Meski ada sedikit perubahan jadwal dikarenakan berbarengan dengan perayaan Idul Fitri, namun berdasarkan kesepakatan, kami selaku pengguna jasa tetap merasa optimis proyek tersebut bakal rampung sebelum jadwal yang telah disepakati," katanya.

Sesuai dengan rencana pembangunan, tambah Anyang, total luas bangunan pada gedung tower tersebut mencapai 7500 meter per segi yang terbagi menjadi lima lantai.

"Total luas lahan rencananya akan mencapai 7,2 ha, untuk bangunan tower itu sendiri berdiri di atas lahan seluas 4,7 ha, dengan luas bangunan per lantai mencapai 1500 meter per segi yang dibagi menjadi dua bagian," imbuhnya. (Red)