ABRASI PANTAI UTARA KARAWANG PERLU PENANGANAN SERIUS

Potretkarawang.com - Abrasi di wilayah pesisir utara kabupaten karawang perlu penanganan serius, bahkan pemerintah kabupaten karawang tidak dapat menangani sendiri melainkan mengandalkan bantuan dana dari pemerintah pusat. Bnatuan dana dari pemerintah pusatitu di alokasikan untuk membuat sabuk pantai di sejumlah titik,” menurut kepala seksi kelembagaan  nelayan Dinas Perikanan Karawang Setya Saptama.
Dirinya mengatakan hingga kini sudah ada bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat untuk penanganan abrasi. Catatan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat, abrasi yang terjadi di wilayah pesisir utara Karawang mencapai 34,626 kilometer, tersebar di sejumlah kecamatan sekitar Karawang.
Pembuatan sabuk pantai yang telah dikerjakan di antaranya di wilayah pesisir Pantai Pasir Putih sepanjang 1.200 meter. Untuk pembuatan sabuk pantai yang sedang dalam proses pengerjaan berada di titik pesisir Pantai Cemara Jaya dengan panjang 3,3 kilometer.
Dikatakannya, sejumlah titik lainnya yang masih menunggu kucuran anggaran APBN adalah pesisir pantai Pusaka Jaya Utara sepanjang 3,8 kilometer. Kemudian pembuatan sabuk di wilayah Pantai Sungai Buntu 6,7 kilometer serta di wilayah pesisir utara Pantai Pasir Putih Tanjung baru sepanjang 6,8 kilometer.
Sementara itu, abrasi yang terjadi di wilayah pesisir utara Karawang kini sudah memprihatinkan. Dari tahun ke tahun, wilayah daratan hilang tergerus abrasi. (red)