ATASI KEMACETAN, UNDERPASS AKAN DI BANGUN DI KARAWANG BARAT

Potretkarawang.com – Untuk mengatasi kemacetan pada akses gerbang Tol Karawang Barat, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Karawang membangun underpass. Saat ini dinas terkait masih melakukan persiapan pembangunan underpass tersebut. Di antaranya menyiapkan DED atau Detail Engineering Design.

"Rencananya, pembangunannya dilakukan tahun depan," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Acep Jamhuri, (31/10/2017)


Acep mengatakan, di titik akses menuju gerbang Tol Karawang Barat itu terdapat gerbang kawasan industri. Sehingga sering terjadi kemacetan parah. Karena itu, perlu ada solusi untuk mencegah kemacetan tersebut.

Di antara solusinya, kini pihaknya tengah melakukan pelebaran jalan di sepanjang jalan Interchange Karawang Barat yang merupakan akses menuju gerbang tol Karawang Barat. 

Setelah pelebaran jalan selesai, pihaknya akan membangun underpass menuju gerbang Tol Karawang Barat. Sekaligus mengajak pihak pengelola kawasan industri untuk terlibat dalam pembangunan underpass tersebut.

"Misalnya pemkab mengalokasikan anggaran pembangunan underpass itu Rp28 miliar. Kalau misalnya nanti industri terlibat. Kita pasrahkan kepada mereka ingin terlibat pada bagian mananya dalam pembangunan itu," kata Acep.

Pihak kawasan industri yang akan diajak terlibat dalam pembangunan underpass itu ialah kawasan industri Karawang International Industrial City (KIIC) dan kawasan Sedana. (red)