Ratusan PKL Pasar Cikampek Akhirnya Direlokasi

KARAWANG - Ratusan Pedagang Kaki Lima (PKL) Pasar Cikampek akhirnya direlokasi, setelah adanya kesepakatan antara para PKL dengan Pemkab Karawang. Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana secara langsung memimpin penertiban sisa-sisa lapak para PKL, kemarin (14/8) pagi.

Cellica mengatakan, penertiban PKL Pasar Cikampek sesuai dengan aturan yang berlaku. Di mana badan jalan tidak boleh digunakan untuk berjualan, sehingga para PKL harus direlokasi ke tempat yang sudah disediakan.

“Jalan tidak boleh digunakan berjualan oleh PKL, dan alhamdulillah setelah melakukan pendekatan persuasif selama lima bulan, mereka menyadari apa yang dilakukan itu salah. Sehingga mereka melakukan pembongkaran sendiri,” katanya.

“Ini persoalan sudah puluhan tahun, bukan setahun atau dua tahun, tapi sudah dua puluh lima tahun lamanya persoalan ini. Ini menjadi tugas kami pemerintah daerah bersama dengan pihak lainnya,” tambah Cellica.

Ratusan lapak PKL yang berdiri telah rata dengan jalan, mulai jalan masuk utama di depan pintu perlintasan kereta api depan Plaza Cikampek, sampai ke depan Terminal Cikampek dan Pasar Cikampek I.

“Kita lihat, ini sudah 80 persen telah mereka bongkar sendiri, tinggal 20 persen lagi yang juga akan dibongkar sendiri. Dan sekarang mereka juga sudah siap untuk masuk ke tempat relokasi, untuk menjual dagangannya,” kata Cellica.

Disampaikannya, Pemkab Karawang akan bergerak cepat untuk menata Pasar Cikampek, agar menjadi tempat belanja yang nyaman, indah dan asri bagi masyarakat. Dengan membangun taman, memperbaiki drainase, trotoar dan jalan.

“Ini tugas kami pemerintah daerah untuk melakukan perbaikan drainase, perbaikan jalan, pembuatan taman, serta yang lainnya seperti penerangan jalan umum (PJU) dan kebersihan,” katanya.(Bim)