Ratusan PKL Pasar Cikampek Segera Direlokasi

Satpol PP Saat Tinjau Lokasi Pasar Cikampek
KARAWANG - Rencana relokasi Pedagang Kaki Lima (PKL) Pasar Cikampek ditarget Agustus 2017 sudah selesai. Hal ini menindaklanjuti setelah rombongan Satpol PP Karawang yang didampingi Muspika Cikampek melakukan pengecekan langsung ke Pasar Cikampek, Selasa (18/07/17).

Di Pasar Cikampek, Satpol PP yang juga didampingi Paguyuban dan Forum Pedagang Pasar Cikampek mengecek langsung setiap bagian pasar. Termasuk mengecek kesiapan kios-kios yang sudah disediakan PT Selindo sebagai tempat untuk relokasi para PKL.

Kabid Trantibum Satpol PP Karawang, Basuki Rachmat mengatakan, sebelumnya Satpol PP sudah melakukan beberapa tahapan terkait relokasi para PKL Pasar Cikampek ini. Yaitu dari mulai rapat dengan paguyuban pedagang Pasar Cikampek, sampai dengan pengecekan ke lapangan yang dilakukannya hari ini.

“Kita sudah mulai tahapan, rapat sudah dilakukan dengan paguyuban. Kita sekarang maping dan cek lokasi langsung bersama paguyuban dan para sesepuh di sini. Sehingga saat pelaksanaan berjalan lancar. Relokasi ke Pasar Selindo. Hari ini kita sudah cek langsung ke lapangan,” tutur Basuki.

Disinggung soal jumlah pedagang secara keseluruhan, Basuki mengaku belum bisa memastikannya. Karena alasan proses pendataan pedagang belum selesai. Adapun waktu rencana relokasi, Basuki menargetkan akan selesai Agustus 2017.

“Sekarang lagi ada pendataan dari pihak forum dan paguyuban. Kita libatkan forum dan paguyuban, ingin kita tentunya aman, lancar dan tertib. Sehingga tidak ada kesan paksaan dari kita. Rencananya, kita program agustus sudah selesai,” katanya.

Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Cikampek, Jaenudin membenarkan, jika rencana relokasi para pedagang ini akan dipindahkan ke Pasar Selindo. Menurutnya, para pedagang sudah mengetahui dan menyetujui adanya rencana relokasi ini.

“Relokasi diarahkan ke Selindo. Pedagang sendiri sudah dikasih tahu dan ngerti. Pendataan sudah mencapai 180 pedagang. Pedagang yang tergabung di paguyuban ada 400 pedagang. Target pendataan sampai 4 hari. Setelah itu nunggu arahan dari Pemkab Karawang yang dalam hal ini Satpol PP,” katanya.

Di tempat yang sama, Anggota DPRD Karawang Dapil 5, Elievia meminta agar semua pihak bisa kooperatif atas rencana relokasi pedagang ini. Karena semuanya harus mendukung program pemerintah. Terlebih ia memiliki harapan agar terminal Cikampek segera bisa menjadi terminal tipe A, agar dapat bantuan dari APBN untuk pembenahannya.

“Akses relokasi PKL ini sudah strategis. Cuma akses jalannya rusak parah. Sehingga secepatnya butuh perbaikan. Kalau hanya mengandalkan APBD akan lama proses perbaikannya. Saya minta disegerakan saja mengenai pembenahan Pasar Cikampek ini. Karena ini sudah ditunggu-tunggu sejak lama. Tahap awal pembenahan pasar Cikampek, selanjutnya mungkin Rengasdengklok. Perlahan tapi pastilah,” tandasnya.