Solidaritas Petani Kendeng, Puluhan Masa Aksi di Karawang Ikut Semen Kaki

KARAWANG - Puluhan masa aksi yang terdiri dari beberapa mahasiswa, elemen masyarakat, dan pelaku seni di karawang, menggelar aksi unjukrasa di depan kantor pemerintah daerah karawang, kamis (23/03/17).

Selain berorasi, sejumlah masa aksi tersebut juga melakukan aksi menyemen kaki mereka. Aksi tersebut dilakukan sebagai bentuk solidaritas akan nasib petani asal Kendeng, Jawa Tengah, yang saat ini juga sedang melakukan aksi serupa di Jakarta.

Kordinator aksi, Yuda Febrian mengatakan, mereka sangat prihatin atas penderitaan petani Kendeng yang hingga saat ini masih memperjuangkan tuntutan mereka agar pemerintah mencabut ijin lingkungan dan pertambangan pabrik Semen Indonesia yang dibangun di kampung mereka.

Terlebih lagi, pembangunan pabrik itu memicu kerusakan ekologi yang berujung pada kehancuran sumber mata air yang dibutuhkan petani untuk mengairi lahan pertanian mereka.

"Kami menuntun kepada presiden untuk meminta keadilan atas apa yang di lakukan oleh perusahaan perusahaan yang ada di kendeng," teriaknya.

Sementara itu, Masa Aksi juga menuntuut bukan hanya kepada pemerintah pusat namun juga kepada pemkab karawang untuk mempertahankan Kawasan di karawang selatan tetap menjadi kawasan lindung Geologi.

"Kami juga meminta kepada pemda karawang untuk mempertahankan kawasan yang ada di karawang selatan, karena kawasan tersebut merupakan kawasan bersemayamnya sumber kehidupan atau daur hidrologi karawang,"Jelas Yuda.(Bim)