Istri Gusdur Buka Perayaan Cap Go Meh di Karawang

Foto Bersama
KARAWANG - Perayaan Cap Go Meh kabupaten karawang, Berlangsung meriah, Minggu (12/02/17) siang. Perayaan tradisi bagi umat Tionghoa ini, dimeriahkan long march pawai kesenian yang dimulai dari depan Klenteng Bio kwan tee koen menuju sepanjang jalan tuparev, alun alun, kertabumi,jalan niaga dan finis kembali lagi ke Klenteng Bio kwan tee koen.

Meriahnya lagi, perayaan Cap Go Meh kali ini dibuka oleh mantan Ibu Negara ke-4, Sinta Nuriyah Wahid, yang membuka pawai kesenian sekitar pukul 13.00 Wib.

Meski, arak-arakan pawai budaya belum dilepas oleh istri Gus Dur, namun ribuan warga karawang sudah memadati sepanjang jalan yang dilintasi arak-arakan budaya ini.

Sejak pukul 13.00 WIB, massa sudah menunggu di sepanjang jalan yang nantinya akan di lintasi oleh para peserta dari berbagai daerah tersebut.

Seperti halnya, Hadijah (73), warga  adiarsa ini, Dirinya datang bersama satu anaknya serta dua orang cucu yang masih berusia 7 tahun dan 1,5 tahun. Kehadiran dirinya bukan untuk belanja seperti kebanyakan warga lainnya namun ingin menonton pawai budaya.

"Tiap tahun emak nonton pawai ginian. Enggak bosen-bosen," ujarnya.

Bahkan, kondisi tubuh yang kurang sehat tidak menyurutkan niatnya untuk menyaksikan pawai budaya ini.

Sedangkan, Shinta Nuriyah Wahid, menyatakan kegembiraannya dengan acara ini. Baginya, perayaan seperti ini dapat menjadi alat pemersatu kerukunan bangsa.

"Dulu acara seperti ini dilarang dan sejak kepemimpinan Gus Dur telah dicabut. Arak-arakan liongsai dan barongsai ini akan memperkaya khasanah budaya Indonesia yang ber-Bhineka Tunggal Ika," ujar istri Abdurrahman Wahid ini.(Bim)