Dalam Satu Bulan, Desa Karangligar Lima Kali Kebanjiran

Rumah Warga yang Terendam Banjir
KARAWANG - Banjir kembali menerjang dusun pengasinan, desa karangligar, Karawang, minggu (26/02/17), Banjir ini merupakan yang ke 5 kalinya melanda di bulan februari ini.

Banjir tersebut merendam di enam Rukun tetangga (RT), yaitu, di RT 001, RT 002, RT 003, RT 004, RT 005, dan RT 007. RT 002 merupakan yang terparah. Di RT ini, ketinggian air mencapai 150 centimeter.

"Banjir sekarang menyeluruh di desa karangligar, dari data yang di dapat, sekitar ada 1700 jiwa yang sudah ngungsi," Kata Kaming, Tim SAR saat di temui di lokasi.

Selain itu, sedikitnya 460 rumah yang terendam banjir, dan 539 kepala keluarga yang mengungsi. Warga sekitar mengaku sudah lelah jika banjir yang terus terusan melanda di pemukiman padat penduduk tersebut.

"baru kemarin surut, hari ini banjir lagi, capek bersih bersih rumah," Ujar Joni, Warga yang rumahnya terendam.

Suasana di Pengungsian
Menurutnya, sejak bertahun-tahun lalu, banjir selalu menerjang Desa karangligar. Jika hujan dengan intensitas tinggi datang, bisa dipastikan wilayah itu akan tergenang air. Hal itu disebabkan tingginya debit air di Sungai cibeet.

"Sungainya dangkal, jadi kalau hujan lebat pasti banjir. Sungai cibeet meluap karena kiriman air dari bogor," imbuhnya.

Kondisi ini, membuat aktivitas warga menjadi terganggu. Sebab, ketinggian air di dalam rumah di atas 1 meter. Warga terpaksa harus mengungsikan benda-benda berharga mereka ke rumah sanak famili.

"Kami berharap banjir bisa segera surut. Kami juga meminta agar pemerintah bisa segera memberikan solusi agar banjir tidak lagi terjadi. Karena setiap tahun pasti seperti ini," pungkasnya.(Bim)