Cuaca Buruk, Nelayan Karawang Berhenti Melaut

KARAWANG - Kondisi cuaca buruk selama satu bulan terakhir menyebabkan para nelayan di pesisir laut utara karawang, tepatnya di desa ciparage, kecamatan tempuran, kabupaten karawang,tidak melaut untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. 

"Sudah satu bulan terakhir ini kita tidak melaut akibat cuaca buruk. Jika dipaksakan akan berisiko bagi nelayan sendiri," kata seorang nelayan , Asim (51), Minggu (05/2/2017).

Untuk mengisi waktu selama tidak melaut, sebagian nelayan menyibukkan diri dengan memperbaiki perahu dan jaring tangkap yang rusak.

"Saya sendiri sudah empat hari ini tidak memilih untuk melaut, karena di tengah laut ombaknya masih tinggi," katanya.

Ia mengatakan, jika cuaca mendukung, nelayan setempat bisa memperoleh 70 kilogram hingga satu kwintal ikan selama satu hari melaut.

"kalau cuaca normal luamayan hasil tangkapanya, tapi kalo cuaca begini yaa kadang kita pulang dengan tangan kosong," Tutup Asim.

Sementara itu, penurunan hasil tangkapan ikan nelayanpun juga di akui oleh ketua Tempat pelelangan Ikan (TPI), Menurutnya, Saat ini kondisi nelayan sedang paceklik karena kebanyakan nelayan memilih berhenti melaut karena faktor cuaca.

"secara otomatis pasokan ikan di Tempat pelelangan ikan serta pasar pasar tradisional mengalami penurunan drastis," Kata Budianto, Ketua Tempat Pelelangan Ikan.(Bim)