Porda Jabar 2018, KONI Karawang Targetkan 8 Besar

KARAWANG - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Karawang memasang target masuk posisi delapan besar dalam perhelatan Pekan Olahraga Daerah (Porda) XIII/2018 Jawa Barat (Jabar), di Kabupaten Bogor.

“Kami ingin prestasi Karawang meningkat di Porda 2018, makanya target 8 besar akan kami pasang. Syukur-syukur bisa mengikuti jejak Jawa Barat di PON 2016 dengan meraih Karawang Kahiji,” ujar Ketua Umum KONI Karawang, Sayuti Haris, didampingi Sekretaris Umum KONI, Joni Heru, saat ditemui Karawangsport di kantornya, Kamis (5/1/2017).

Untuk mewujudkan target tersebut, Sayuti mengatakan, Karawang harus bisa membawa pulang minimal 24 medali emas. Pasalnya, lanjut dia, berkaca pada perolehan Porda 2014, Karawang hanya mampu menempati posisi 11 dengan koleksi 16 emas.

“Intinya pencapaian emas harus mampu menembus angka 20 ke atas. Kami akan berusaha mencapainya dengan memaksimalkan perolehan 26 perak di Porda 2014 menjadi emas di 2018. Dan keberhasilan atlet-atlet Karawang menyumbang emas di PON Jabar 2016 tentunya akan memberikan semangat besar bagi kami di Porda nanti,” ucapnya.

Ditambahkan Sayuti, KONI Karawang berencana mengirimkan sedikitnya 35 cabang olahraga (cabor) untuk merealisasikan target yang diusung. Yaitu biliar, bola basket, bulutangkis, renang, karate, bola voli, atletik, sepakbola, panahan, pencak silat, catur, futsal, taekwondo, tenis meja, dayung, tarung derajat, anggar, sepatu roda, judo, dansa, drum band, hoki, softball, tinju, angkat berat, panjat tebing, gulat, menembak, wushu, golf, kempo, balap sepeda, balap motor, kriket dan bridge.

“Tapi kami akan lihat situasi ke depannya, bisa saja ada cabor yang tadi disebutkan gak jadi kami kirimkan atau sebaliknya ada cabor tambahan yang masuk. Apalagi Lebih lanjut, Sayuti meminta agar seluruh cabor segera mempersiapkan atlet dengan menggelar latihan rutin. Apalagi, Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Karawang sebagai ajang seleksi atlet telah selesai digelar pada Desember 2016.

“Mulai Januari ini cabor-cabor harus sudah intens menggelar latihan, karena babak kualifikasi akan digelar tahun ini juga,” ucapnya.

Seperti diketahui, pada gelaran Porda 2010 yang berlangsung di Kota Bandung, kontingen Karawang harus puas finis di posisi 14 dengan membawa pulang 12  emas, 9 perak dan 28 perunggu. Peningkatan prestasi diperlihatkan di Porda 2014 yang berlangsung di Kabupaten Bekasi dengan finis di posisi 11 setelah meraih 16 emas, 26 perak dan 28 perunggu.(Karawangsport)