Wabup Karawang Himbau Kepada Pelaku Industri Agar Gabung Ke Apindo

KARAWANG - Wakil Bupati Karawang, Jimmy Ahmad Zamakhsyari, menginstruksikan seluruh pelaku industri di Karawang untuk bergabung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kabupaten Karawang. Hal tersebut dinilai bakal memudahkan koordinasi Pemerintah Kabupaten Karawang dengan pihak perusahaan.

Jimmy mengatakan, selama ini Apindo sebagai organisasi pengusaha dapat menjadi penyambung lidah pengusaha dengan Pemkab Karawang, juga dengan masyarakat setempat. "Jika semua pelaku industri bergabung di Apindo, koordinasi akan mudah dilakukan. Apindo bisa menyampaikan keluhan atau masukan dari pengusaha kepada pemerintah saat pembuatan kebijakan," katanya.

Menurut Jimmy, kebijakan Pemda terkait industri adalah bagaimana membuat pengusaha nyaman menjalankan bisnisnya di Karawang. Apindo sudah memberikan kontribusi bagi Pemkab dalam membuat kebijakan yang memudahkan pengusaha berinvestasi di Karawang.

Hanya saja, lanjut Jimmy, kebijakan yang dibuat Pemda Karawang juga mengikuti kebijakan dan rencana dari Pemerintah Pusat. "Seperti proyek kereta cepat yang akan melintasi Karawang atau pembangunan bandara merupakan kebijakan pemerintah pusat. Daerah hanya menyesuaikan hal itu. Namun ke dua proyek prestisius akan berpengaruh terhadap iklim investasi di Karawang," katanya.

Menurut Jimmy, iklim investasi di Karawang yang menjadi daerah industri selama ini masih kondusif. Investor banyak berdatangan ke Karawang karena Pemda Karawang membuat kebijakan yang lugas untuk
membantu meningkatkan iklim investasi.

Disebutkan, Pemda Karawang hingga empat tahun ke depan akan menyodorkan kebijakan yang menjamin kondusifitas dan keamanan bagi investor. "Nilai jual Kabupaten Karawang sebagai daerah industri salah
satunya adalah adanya jaminan keamanan dari pemerintah daerah. Faktor kemananan yang paling banyak dituntut oleh pengusaha. Pemkab memberikan jaminan itu ketika investor datang," katanya.di lansir dari pikiran-rakyat.com

Dikatakan juga, Pemda Karawang mendukung pengelolaan kawasan industri di Karawang dalam menarik investor dengan berbagai fasilitasnya. Tahun 2016 ini sudah ada 6 investor besar yang akan masuk Karawang di Kawasan Industri Surya Cipta. Pengelola kawasan Surya Cipta membuka Suryacipta Center Of Information (SCI) yaitu merupakan pusat pelayanan dan pelayanan terpadu. SCI ini akan memudahkan investor untuk mendapatkan informasi mulai dari pengurusan perizinan hingga kegiatan produksi dalam satu tempat.