Pemkab Karawang Di Minta Anggarkan Beasiswa

KARAWANG - Pemerintah Kabupaten Karawang didesak menyiapkan anggaran untuk siswa miskin yang berprestasi. Dengan demikian siswa tersebut bisa terus mengembangkan kemampuannya dan tampil menjadi kebangga orang tua serta daerah asalnya.

Hal tersebut dikatakan salah seorang tokoh nasional asal Karawang, Saan Mustopa, seusai melakukan konsolidasi partai Nasional Demokrat (Nasdem) yang dilangsungkan di salah satu rumah makan di interchange Karawang Barat, Kamis, 22 Desember 2016.

"Sebagai daerah yang makmur, Pemkab Karawang dapat menyiapkan beasiswa untuk 50 siswa miskin berprestasi setiap tahunnya. Mereka didorong kuliah ke Perguruan Tinggi Negeri ternama dengan biaya ditanggung Pemkab," ujar Saan. Seperti dilansir dari pikiran-rakyat.com.

Saan yakin, hanya melalui pendidikan angka kemiskinan di Kabupaten Karawang akan berkurang drastis. Sebab, warga miskin yang berpendidikan dipastikan mampu meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidupnya masing-masing.

Disebutkan, anggaran yang harus disiapkan Pemkab adalah biaya kuliah berikut biaya hidup mereka selama menuntut ilmu. Jika dikalkulasi, Pemkab cukup menyiapkan dana sebesar Rp 20 juta/siswa/tahun atau Rp 1 miliar/tahun untuk 50 siswa.

Saan mengaku optimistis hal itu akan terwujud. Sebab, Kabupaten Karawang terbilang daerah yang makmur dengan angka APBD menembus Rp 4 triliun lebih.

"Penyiapan alokasi anggaran Rp 4 miliar per tahun bagi Pemkab Karawang bukan hal yang berat. Apalagi banyak alokasi anggaran yang nilainya lebih dari itu hanya untuk hal-hal yang kurang bermanfaat," katanya.(PR)