217 Ambulance Siap Layani Warga Purwakarta

PURWAKARTA - Pemerintah Kabupaten Purwakarta tercatat sudah memiliki 117 unit mobil ambulance yang tersebar di seluruh Puskesmas yang berada di wilayah tersebut. Namun dalam rangka efektifitas pelayanan kesehatan, mulai Tahun 2017 Pemkab setempat kembali menambah angkutan untuk pasien tersebut sebanyak 100 unit.

Ditemui di sela acara pengarahan untuk para sopir ambulance hari ini Selasa (13/12) di halaman parkir Setda Purwakarta, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengatakan seluruh unit ambulance baru ini disebar ke desa-desa yang berada di wilayah pelayanan Kabupaten Purwakarta yang peruntukannya bukan hanya untuk mengangkut pasien dengan penyakit fisik melainkan juga dapat digunakan untuk mengangkut pasien dengan penyakit kejiwaan.

Pria yang akrab disapa Kang Dedi ini juga menegaskan Ambulance tersebut dapat dimanfaatkan oleh seluruh warga masyarakat Purwakarta secara gratis tanpa dipungut biaya karena biaya operasional Ambulance tersebut ditanggung oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta.

“Sebanyak 117 Ambulance ini kita tambah 100 Ambulance lagi, ini dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan, bisa digunakan oleh masyarakat secara gratis tanpa dipungut biaya,” kata Dedi.

Berdasarkan pantauan, seluruh ambulance yang secara khusus dihadirkan di halaman parkir Setda Purwakarta tersebut sudah dilengkapi dengan fasilitas pertolongan pertama untuk pasien yang terdiri dari brankar, tabung oksigen dan aneka fasilitas lain.(Hms/Bim)