Jaga Toleransi Beragama,Ratusan Pelajar di Purwakarta Gelar Acara Kumpul Bareng

Pelajar Berbeda Agama Saling Suap
PURWAKARTA - Ratusan Pelajar SD, SMP, hingga SMA hari ini Kamis (3/11) berkumpul di Bale Pasepan Pendopo Purwakarta. Kedatangan mereka dalam rangka ‘Botram’, acara yang dihelat oleh Satgas Toleransi di Kabupaten yang tak lama lagi akan menerima Penghargaan sebagai daerah paling toleran di Indonesia dari Dewan HAM PBB tersebut.

Para pelajar tersebut terlihat berbaur satu sama lain tanpa melihat perbedaan agama diantara mereka meski mereka terlihat mengenakan atribut keagamaan masing-masing. Kegiatan ini pun dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan do’a sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing pelajar.

Ketua Satgas Toleransi Purwakarta Jhon Dien di lokasi acara menjelaskan bahwa betapa pentingnya menjaga toleransi dan kerukunan umat beragama. Dirinya pun menjelaskan sejak dini, nilai-nilai toleransi ini harus ditanamkan kepada para pelajar di Purwakarta maupun daerah lain di Indonesia.

“Kami kemas dengan Botram ini agar acaranya santai tetapi substansinya bisa kita tekankan untuk pendidikan toleransi berbangsa dan bernegara juga bermasyarakat,” ungkap Jhon Dien.

Jhon Dien pun membantah tuduhan yang mengatakan kegiatan ini sebagai acara ‘tukar-menukar’ akidah. Ia menegaskan tujuan acara ini ke depan adalah pembentukan Satgas Toleransi Purwakarta di tingkat pelajar, agar ajaran tentang toleransi dapat membumi sejak dini.


“Justru ke depan harus ada Satgas Toleransi di tingkat pelajar Purwakarta,” kata Jhon Dien menambahkan. (Bim)